Merubah blander AC menjadi DC

Merubah blender AC 220v menjadi DC 12v



Merubah blender bekas  menjadi blender portable DC12v sangatlah berguna untuk keperluan rumah tangga di saat listrik dari PLN padam. jika sobat hobby berxperimen  cara ini bisa dilakukan untuk mencari kepuasan saat berxperimen  dan berhasil .itu sesuatu hal yang sangat memuaskan  dan menyenangkan .yaaah miskipun setiap apa yang kita kerjakan itu tidak selalu sukses  tidak maslah .yang penting jangan putus asa  karena gagal itu bukan ahir dari segalanya .malahan gagal itu  sebagai batu loncatan  untuk kesuksesan.  karena kita tidak akan pernah sukses kalau tidak pernah gagal. itu nasehat dari thomas alpha edition  yang menemukan  dan menciptakan lampu pijar itu. hehehe.
oke mari lanjut ke topik utama kita .

gulung ulang armature dan stator blender harus dilakukan

bkander ac yang sudah di modifikasi menjadi blander portable dc 12v  buat di gunakan saat listrik pln padam
Blender ini juga bermamfaat saat kita punya acara diluar rumah. Berkemah atau camping .
Cara merubah blander ac ke dc 12v  kita harus mengganti semua coilnya.
Yang awalnya 220v diubah ke 12v.
Dan yang harus di perhatikan
Carbon brush/sikat arang  juga harus diganti. Karena klo pasang sikat arang yang lama tidak akan bisa berputar blandernya. .karena cool bawaan blander itu khusus tengangan tinggi  Maka dari itu gunakan lah carbonbrush /sikat arang  dinamo stater  sepeda motor.

blender yang saya modifikasi ini blander merk china  dan itu tidak saya rekomendasikan karena kalau dipakai lama akan cepat panas. karena blander merk china kern/inti besinya kwalitasnya kurang bagus dan tipis.
carilah blander bekas sekelas  merk maspion  sederajat.biar lebih awet dan lebih power full.
kebetulan saya cari cari blander bekas sekelas maspion di daerah saya waktu itu tidak dapat. terpaksa memodifikasi yang ada  karena kebutuhan saat itu sangat mendesak.

DATA GULUNGAN COIL BESERTA UKURAN KAWAT EMAILNYA:


Data gulungan spull pada video di atas sebagai berikut.:

1 .gulungan stator . 25 lilitan pada masing-masing  lubang.
Ukuran kawat email  1mm.

2.  Gulungan pada angker/rotor  6lilitan per lobang    jarak 4lubang  pada  atau  4kosong isi 1. .
Ukuran kawat email 0.70 .

Untuk mendapatkan hasil yang maximal gunakanlah kawat email yang kwalitas super. Minimal kawat malaysia  gitu. Yang paling bagus itu made in german.
Jangan lupa tegangan dari battery juga sangat berpengaruh.
Semakin besar ampere battery nya powernya akan kebih joos.

Ok ... nulisnya lewat hp. Ribet banget yah hehehe
saya membuat blander dc ini terinpirasi saat ada pemadan bergilir di daerah saya .dan kebetulan keluarga saya  selalu pakai blander tiap hari .;disaat listrik padam semua pekerjaan jadi terbengkalai
b ermula dari saat itulah saya membuat blander dc  dan inverter  untuk dipakai buat ngidupin pompa air di saat listrik padam..


mungkin sobat sobat tidak pernah terpikipirkan untuk membuat  hal hal ditas  dukarenakan aliran listrik sobat lancar lancar saja tampa ada pemadaman listrik yang lama.  namun bisa juga membuat untuk menyalurkan hobby dan pengetahuan semata  yang jelas apapun yang kita kerjakan itu akan mendatangkan ilmu pengetahuan baru dalam hidup kita.

Oke sampai disini dulu ya gan.. jangan lupa subcrabe dan like channel youtube blog iji yah.. biar berkembang .  Makasihhh banyak atas kunjungan nya...

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form