Tutorial membuat inverter 500w sederhana cd 4047 dijamin power full 100%

Apa iti inverter???

Inverter adalah sebuah alat untuk merubah tegangan DC 12v ke Ac 220v yang bisa di aplikasikan untuk menyalakan lampu atau blander,gerinda dan peralatan electronik lainnya.
Bagi anda yang berada di pelosok dan jauh dari jangkauan listrik PLN alat ini sangat berguna sekali  agar masyarakat di berbagai pelosok bisa  menggunakan  perabotan rumah tangga yang di suplay listrik .Juga berfungsi untuk cadangan /berjaga-jaga disaat listrik dari PLN padam.
Ok sobat blogger blumbungan  langsung saja kita simak skema inverter yang saya maksudkan .

tutorial membuat inverter sederhana 500watt menggunakan ic CD4047  dan mosfet irf 3205

Daftar komponen rangkaian inverter:

1.IC CD4047
2.Mosfet IRF3205/IRFZ44
3. C. 100n
4. R  470K
5. R 220 OHM
6. R 100 OHM 2X
7. TRAVO CT minimal 5A.
Pada inverter powernya mengandalkan  arus input dan output yang bagus.
Semakin besar ampere travo  dan battery maka power inverter akan semakin besar.
Saya sarankan gunakan travo khusus inverter  .klo tidak ada gunakan travo yang bagus kwalitasnya dan harus menbgunakan kawat tembaga .jangan pakai travo yang kawat alumunium karena berpotensi circuit inverter akan cepat panas dan bisa cepat merusak mosfet.
Inverter type ini lumayan bagus kinerjanya dan sangat stabil untuk menyalakan lampu,bor,blander,TV Dll 

inverter ini masih belum pure sine wave

Dan inverter type ini lumayan irit battery.tidak boros seperti inverter sederhana lainnya .
Saya banyak mencoba bikin inverter yang simple dan mudah tapi inverter yang ini yang paling saya recomendasikan karena menurut pengalaman saya inverter ini yang paling stabil dan power full.
Klo bisa cari travo bekas dan gulung ulang sendiri agar bisa menyeauaikan dengan kebutuhan sobat.
Kalau ada kesempatan nanti saya juga akan membuat tutorial cara membuat/menggulung ulang travo.disini
 .
kebetulan dirumah itu ada travo dua biji yang sudah rusak dari dulu  bekas  amflifier. dan pad saya butuh travo inverter  muncullah ide untuk menggabung  dua travo tersebut menjadi satu .karena saya cari travo bekas yang 10A  susah dapatnya. cari di toko toko online  ongkirnya  ngeri banget .
hampir sama dengan  harga travo bekasnya  jadi saya putuskan  memamfaatkan yang ada saja .
tutorial membuat inverter sederhana 500watt menggunakan ic CD4047  dan mosfet irf 3205

saya memodifikasi travo 5A dua biji di jadikan satu. Menurut saya travo ini sangat cocok dipakai buat inverter .saya sangat merecomendasikan yang ini karena levih hemat biasa. Ketimbang beli travo yang besar yang pastinya mahal.hehehe
tapi saya masih penasaran  masih pengen coba pakek travo bekas oven microwave  kayaknya mantap banget hehehe..jika sobat punya travo bekas microwave yang mau di sumbangkan ke saya boleh saja ..tidak akan saya tolak  hehe..
Ok sobat saya rasa cukup sampai disini dulu untuk postingan ini. Kita sambung di postingan berikutnya..


Jangan lupa like dan subribe channel youtube saya dan page fb saya.  Terimakasih atas kunjunga  sobat ke blog sederhana ini..
Sampai jumpaaa

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form