KIPAS ANGIN BEDINI MOTOR GENERATOR

Bedini motor generator dari kipas angin bekas


Kami sebut bedini generator  karena bisa difungsikan sebagai motor bedini  juga dapat difungsikan sebagai mini generator  dengan memamfaat kan rongsokan kipas angin yang sudah tidak di pakai lagi. bermodalkan magnet neodymium dan kawat tembaga (email) ini adalah experimen yang sudah sangat disederhanakan  dengan gabungan dari bedini motor ,brushless motor dan generator.
jika sobat ingin membuat generator dari pompa air  Baca  Cara membuat Mini generator dari pompa air bekas
Data gulungan kipas angin 

motor generator dari kipas angin bekas menggunakan magnet neodymium dan 8 pole coil pada statornya

cukup dengan  sebuah transistor  motor ini sudah bisa berfungsi

penampakan nya seperti gambar diatas. motor dc ini menggunakan 1buah transistor NPN  sobat bisa menggunakan transistor apa saja yang penting  model NPN. pada skema kali ini saya membuang  komponen lampu led dan potensio  karena kurang bermamfaat hanya berfungsi sebagai kontrol saja.. sehingga skema nya sederhana hanya ada satu komponen elektronik saja   jadi lebih mudah membuatnya .bahakan orang yang tidak faham elektronik pun bisa membuatnya. penampakan skema seperti dibawah ini

motor generator dari kipas angin bekas menggunakan magnet neodymium dan 8 pole coil pada statornya

NOTE:  gambar paling atas  sambungan koneksinya (wiring diagram) dan yang sebalah bawah
adalah arah lilitan coilnya. pada kern dinamo kipas angin ada 16 lobang (slot) jadi saya membuat coil menjadi 8pole dengan jumlah magnet 8 biji.

motor generator dari kipas angin bekas menggunakan magnet neodymium dan 8 pole coil pada statornya

langkah langkah penggulungan coil / coil winding


klik gambar untuk lihat lebih jelas dan lebih besar. .perhatikan per pole coil .
1. buat mal untuk lilitan kawat  lalu  buat lilitan per lobangnya  antara 20-30 lilitan (tergantung ukuran kawat tembaganya yang penting lobangnya muat itu saja)

2. arah lilitan harus bolak balik  (perhatikan gambar  skema)  misalnya  lobang  1 arah lilitannya ke kanan  pada lobang ke 2 arah lilitan ke kiri.  pada lobang ke 3 arah lilitan ke kanan  pada lobang ke 4 arah lilitan ke kiri .begitu seterusnya sampai ke lobang 8/lobang terahir.

3.  begitu pula untuk pemasangan magnet . harus bolak balik sama seperti arah lilitan di atas .
misalnya magnet ke 1  N maka magnet ke 2 U  begitu seterusnya.

magnet di pasang di bagian tengah rotor. silahkan buat lobang sesuai ukuran magnet yang sobat punya. kalau mau hasil yang maxiimal atau voltage lebih  tinggi dn stabil  gunakan magnet  neodymium grade 50 ke atas  dan tebal minimal 3mm.
usahakan juga ukuran magnet pas pada rotor panjangnya .silhakn di ukur dulu panjang rotornya /bisa juga ukur tebal kern nya  .
contoh : tebal keren/inti besi spull 5mm.  belilah magnet yang 5mm panjangnya.

nah pada contoh yang saya berikan ini magnetnya yang harganya murah dan grade rendah  karena hanya percobaan berhasil apa tidaknya  tehnik  yang saya praktekkan .
nah karena sudah berhasil  dan berfungsi dengan baik  nanti saya akan membuat lagi yang lebih power full (tentunya nunggu dana tebal dulu hehehe)

motor generator dari kipas angin bekas menggunakan magnet neodymium dan 8 pole coil pada statornya

gambar diatas penampakan magnet yang telah di pasang ke rotor  menggunakan lem resin . sobat bisa perhatikan  gambar di attas itu ukuran magnetnya  kurang besar /tidak sampai kesamping  itu kurang baik ya  jangan di contoh. itu karena adanya  seperti itu tidak ada magnet lain . toh hanya percobaan.

4.  untuk sambungan koneksinya sobat ikuti saja  sekemanya.  setelah coil selesai di lilit kan ada 4 kawat keluar tuh  A1.B1. dan A2.,B2  . .
ikuti skema di atas   contoh : uujung kawat A1 masuk ke + batrey  A 2 masuk ke colektor  transistor.
B1. masuk ke - pada batery  dan B2 masuk ke basis transistor. kalau mau menambah output untuk charger  tambahkan dioda  pada kaki colector transitor sambung ke anoda dioda (yang tidak ada tanda putihnya) dan katoda  dari dioda menjadi kutub positif charger.
seperti itu saja sih simple dan sangat mudah..

5. kalau mau difungsikan sebagai mini generator  gunakan penggerak dinamo atau dijadikan turbin mau pun  menggunakan tenaga air terjun.
dalam percobaan ini saya putar menggunakan bor tangan  silahkan simak video nya dibawah.

oke saya kira sudah cukup kawan... semoga bermamfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya. terimakasihhhh..


dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form