SPUL DINAMO KIPAS ANGIN APA BISA DI PERBAIKI?INI JAWABANNYA

Dinamo motor kipas angin mati total bisa di perbaiki apa tidak  tampa harus menggunglung ulang spulnya. pertanyaan seperti ini sering muncul di inbox fb saya SERVIS MOTOR LISTRIK DAERAH PASAR BLUMBUNGAN (silahkan di like dan share dibawah ).pada kesempatan kali ini saya akan membasnya tentu saja jawabannya tergantung kondisi fisik dinamonya yah.

MOTOR /DINAMO KIPAS ANGIN YANG BISA DI PERBAIKI TAMPA HARUS GULUNG ULANG 
cara memperbaiki dinamo  kipas angin tampa gulung ulang dinamo tersebut

  1. dinamo original (setidaknya  spull yang menggunakan kawat tembaga bukan kawat alumunium)
  2. kondisi fisik spul kipas angin masih bagus (tidak terbakar/gosong) kalau sudah terbakar  atau gosong hanya ada 2 cara . beli baru dinamonya atau di gulung ulang  
  3. membutuhkan kesabaran dan ketelatenan
3 keteria di atas yang akan di bahas kali ini jika kondisi motor lebih buruk dari keteria di atas silahkan beli baru atau dililit ulang  Baca  data gulungan dinamo kipas angin  yang sudah saya posting sebelumnya.
Kerusakan yang sering terjadi pada motor/dinamo kipas angin  yang saya temui tidak semuanya dalam keadaan terbakar /gosong.dan lebih banyak kerusakannya ada pada otomatis/sensor suhu yang mati /rusak.
cara memperbaiki dinamo  kipas angin tampa gulung ulang dinamo tersebut

perhatikan gambar diatas .coba sobat cek dan buka bagian yang saya beri lingkaran merah .
pada salah satu sambungan kabel yang menuju ke AC (kabel langsung ke listrik PLN) ada semacam otomatis/sensor yang tugasnya memutus arus jika suhu dinamo terlalu panas..
sensor ini akan memutus arus kalau suhu kipas angin melebihi yang sudah di tentukan pabrik.
kalau sensor ini masih normal ketika suhu sudah stabil dan dingin kipas angin akan berfungsi seperti biasanya.
tapi jika dalam keadaan suhu dingin tidak ada arus yang masuk ke dinamo dan di tes pakai avo meter tidak jalan sudah bisa dipastikan sensor tersebut rusak.

cara memperbaiki dinamo  kipas angin tampa gulung ulang dinamo tersebut

bentuk sensor /otomatis nya kecil dengan dua kali  perhatikan gambar diatas. fungsi utamanya alat ini adalah sebagai saklar untuk memutus dan menyambung arus sama seperti saklar pada umumnya cuma bedanya alat ini bekerja otomatis berdasarkan suhu yang telah di tetapkan pada settingan sensor tersebut.
untuk mengetahui sensor rusak atau tidak cukup di tes menggunakan multitester ,hububgkan kaki multitester pada kaki sensor jika jarum multitester bergerak  sensor dalam keadaan baik  begitu pula sebaliknya.

A.  jadi untuk menentukan kerusakan pada spull dinamonya bisa di tes menggunakan multitester mulai dari speed 1 sampai speed 3 
B.  jika dari speed 1 sampai speed 3 pada dinamo kipas angin masih oke /tidak ada yang putus  maka sobat tinggal ganti  sensornya saja atau langsung disambung tampa menggunakan sensor (tapi jamper tidak direkomendasikan) namun jika kesulitan mendapatkan sensor di daerah sobat silahkan dijamper tidak masalah resiko umum jamper  suhu motor tidak terkontrol dan dapat merusak spul dinamo jika suhu terlalu panas saat menyala terlalu lama.
C.  jika ada salah satu spul yang putus bisa dicari dan disambung menggunakan solder (yang ini membutuhkan kesabaran dan ketelatenan 
karena seperti yang kita kletahui kawat spul kipas angin sangatlah kecil  seperti rambut.
ditambah lagi isulating varnis yang kadang keras seperti batu heheh.

kesabaran dan ketelatenan menetukan hasil yang baik. jika sobat tidak telaten  dan mudah menyerah sebaiknya jangan praktek sendirian dirumah .minta bantuan yang ahli atau dibawa ke servis saja.
akan tetapi jika sobat sabar dan mentelateni nya sendiri itu akan membuat sobat puas dan tetunya akan memdapatkan pengalaman dan ilmu dari apa yang sobat lakukan tersebut.

oke kawan mungkin sampai disini dulu jumpa kita  semoga bermamfaat  dan sampai jumpa di post berikutnya.

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form