trik merakit baterai pack dari baterai bekas laptop 18650

battery laptop yang sudah rusak  kita bisa mamfaakan buat merangkai battery pack yang bisa di fungsikan untuk apa saja yang mensuplay arus dc,entah  itu dinamo, lampu ,inverter atau untuk nge charger battery . jadi kalau sobat punya  baterai laptop yang rusak jangan dibuang dulu karena  didalam baterai laptop itu ada cell baterai 18650  yang di pack sesuai kebutuhan arus yang di suplay nya . dan cell pada baterai laptop yanjg rusak belum tentu cell nya rusak semua menurut pengalaman saya  baterai laptop  kebanyakan yang rusak pada  battery boart nya (sirkuit pelindung batterai)

didalam baterai latop terdapat cell /baterai 18650  biasanya isinya 6 cell /baterai ada juga sih yang isi 4 bahkan ada yang cuma isi 3  bisa kita temukan pada laptop laptop  law
as yang masih menggunakan pentium . baterai type 18650 mempunyai tegangan rata rata 3,7v full charging nya ada yang sampai 4,2v tergantung merk dan kwalitas baterai nya.sudah ppada tau kan baterai 18650??? saya kira semua orang sudah tau ..itu loohh seperti yang digunakan pada senter polis dan vavor. contohnya seperti ini


merakit sendiri battery pack 48v 12ah. dengan memamfaatkan battery bekas laptop yang sudah  rusak

 ini baterai latop yang sudah saya bongkar dan sudah lulus tes /masih layak pakai, saya beli baterai laptop rusak ini di market place online
yang sudah saya pack dan dipakai pada kendaraan listrik saya.

cara merakitnya nanti akan saya kasih  langkah langkahnya

persiapkan dulu  alat alat dan baterai nya.  seperti:

  • baterai 18650 (usahakan kapastisnya sama setidaknya mirip)
  • BMS (baterai mangemen system) silahkan sesuaikan dengan kebutuhan sobat mau 3s .4s. atau  12s ,16s
  • Ni strips (plat penyambung baterai paralel)
  • baterai level indikator ( yang ini tidak harus) kalau hanya mau membuat  baterai pack sederhana  tidak pakai baterai level juga tidak masalah.
  • 18650 baterai holder (tidak harus) tapi akan lebih rapi dan kuat pakai holder
  • spot welding (jika tidak punya  bisa pakai solder biasa recomended 100w) + timah
  • multi meter /avometer - untuk mengecek arus dan voltasenya
  • Li Ion charger
kalau alat alatnya sudah siap semuanya  tinggal merakit  dengan cara :
a. ambil 5 baterai lalu di paralel (plus disambung ke plus dan min disambung ke min

b. buat yang sama sebanyak 12x kalau ingin membuat 12s . buat 16x jika ingin membuat 16s dan buat 3x jika ingin membuat 3s.  kalau pakai holder pasang baterai pada holder yang isi 5biji  kalau tidak memakai holder  yang sederhana pakai lem bakar 5 biji baterai di lem berjajar seperti gambar di atas  di sambung paralel.

c.penyambungan : misalnya 3s  berarti 5biji di paralel sebanyak 3x (ini contoh saja ya untuk mempermudah pemahaman) sambungannya sama kalau misalnya mau bikin 16s tidak ada bedanya.

contohnya 3s ya ..berati ada 3 paralel baterai..

baterai 1  + disambung ke baterai 2 -
dan baterai 2 +(plus)  akan menjadi tengan +(plus)    dan baterai 1 - (min) akan menjadi tegangan - (min)

c.  pemasangan BMS  ikuti petunjuk manual book nya .kalau membeli BMS biasanya ada panduannya di dalam paket.

fungsi BMS sangatlah penting untuk mengatur out put  input dan balancing secara otamatis
dan BMS ini sebagai keamanan pada cell baterai  agar tidak cepat rusak   silahkan cek data sheet  nya  pada type BMS yang di gunakan agar tau kapasitas dan fungsinya.

ini contoh baterai pack yang sudah jadi
merakit sendiri battery pack 48v 12ah. dengan memamfaatkan battery bekas laptop yang sudah  rusak

 pada gambar contoh ini baterai pack  dengan kapasitas besar  karena  akan digunakan untuk kendaraan listrik  jadi susunn paralel nya lebih banyak  karena mengejar amper /ah yang besar dan jarak tempuh yang jauh kita bisa memprediksi amper  dengan  menhitung dari kapasitas baterai
misalnya baterai yang kita gunakan kapasitasnya  3,7v   3000 ah.
kalau di susun 5 paralel  berarti  3,7 x5=18,5  dan 3000 ah x 5 =15000 ah
total per baris paralel  18,5voltb 15000ah. begitulah  pemahaman saya   jika keliru tolong dikoreksi  dan kasih masukan di kolom komentar yah...


merakit sendiri battery pack 48v 12ah. dengan memamfaatkan battery bekas laptop yang sudah  rusak
pada gambar yang lebih besar itu  rencananya akan dipasang pada sepeda motor listrik  selis  yang dirakit  menggunakan  rangka RXZ  yang sudah di modifikasi untuk sepeda elektrik  tapi bukan punya saya . itu punya teman saya .
kalau saya belum punya cukup modal untuk melangkah sejauh itu karena kita tau sparepat kendaraan elektrik  masih sangat mahal dan belum terjangkau  buat saya .
untuk membuat baterai pack sebesar itu  dibutuhkan dana  kurang lebih 500-800ribuan. hehehehe..

jadi karena alasan dana itulah makanya saya main di kelas kelas bawah aja  dan memamfaatkan yang bekas bekas hik hik hikk....

oke sobat jika ada pecinta  ebike/sepeda electric yang kebetulan main ke blog ini  monggo sharing sharing pengalaman di kolom komentar  biar saya ada tambahan ilmu dan pengetahuan lebih mendalam tentang kendaraan listrik  yang semakin banyak diminati di negara kita ini.
dan yang terahir  mohon maaf kalau penjelasn saya di atas kurang di fahami atau membingungkan  dan terimakasih atas waktu luang sobat telah mampir di blog ini semoga kita bisa saling sharing bebagi pengalaman dengan bersilaturahmi antar blogger tanah air..
sekian dulu dari saya danj sampai jumpa di post berikutnya
baca juga artikel terkait DISINI
slam sukses selalu buat anda yang sering main ke blog ini.... terimakasihhh

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

7 Comments

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

  1. Gan mau tanya ane punya batre 18650 ud kerakit , tertulis 11,1 v dan 4800 mAh dalam 1 rangkaian ada 6 batre.
    yg mau ane tanya itu kapasitas 1 batre nya brp ia.??
    thanx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menghitung kapasitas baterai ada alat khusus bosku..lumayan mahal alatnya. Dan harus di cek satu persatu /biji

      Delete
    2. itu batere 3s, dengan paralel 2 batere per 1s. jd masing2 pakai batere 2400mah.

      batere itu kalau rangkaian seri nambah tegangan, kalo paralel nambah kapasitas (mah)

      Delete
  2. Untuk test kapasitas baterai pakai apa gan ? Sy pakai litokala ii500 kok pengeekan 1 beda hasil dg pengecekan ke 2 dg baterai yg sama. Ada saran gan ? Apa utk cek cukup 1 Kali aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya pakai itokala gan. kalau misalnya hasilnya beda mungkin kapasitas baterai nya ada yang menurun dari keduanya

      Delete
  3. Bos bms rangkaian 4s, apakah masuk jika di cas dengan tegangan adaptor 12v? Punya aku tidak mengisi baterenya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hitung voltase baterai dulu totalnya berapa volt .jika baterai lebih besar voltnya dari charger bisa saja lama ngisinya /tidak sama sekali.

      Delete
Previous Post Next Post

Contact Form