Tips merakit sepeda listrik sendiri (electric bike)

Sepeda listrik / ebike  maupun  sepeda motor listrik bahkan mobil listrik  sudah menjamur di indonesia   khususnya dikota kota besar  nusantara  kendaraan listrik sudah tidak asing lagi  bahkan dijaman now ini sudah menjadi trend di kalangan milenial kenapa bisa begitu?

ada beberapa poin yang  menurut saya layak  kendaraan listrik ini kita minati antara lain:

  • kendaran ramah lingkungan ( tidak bising dan tidak berpolusi)
  • hemat biaya karena tidak perlu mengisi bahan bakar
  • dan sparepat nya sudah banyak dan mudah didapatkan
di indonesia sudah banyak yang meluncurkan  produk produk dalam negri yang sudah resmi dipasarkan dan PT pertamina sudah mulai membangun  layanan charger untuk kendaraan listrik  di SPBU  dan direncanakan akan dibangun secara menyeluruh.

merakit sendiri  sepeda listrik memamfaatkan barang bekas dari rongsokan besi tua
oke langsung saja ke poin intinya  bagaimana merakit sepeda listrik sendiri dirumah   secara sederhana saja yah... karena  kendaran listrik masih terbilang  masih mahal  dan berat di doku di awal  tapi irit biaya ke depannya ..hehhe

Yang perlu di persiapkan dalam merakit sepeda listrik sendiri cukup memamfaatkan yang sudah ada saja dirumah  yang tidak ada baru kita beli.

anggap saja sobat sudah punya/ada sepeda dirumah (ontel)  dan  bahan bahan  tambahan yang harus di persipkan sebagai berikut:

BACA JUGA . cyclekart  electric 48v 350watt
  • motor /dinamo  DC sebagai penggerak roda. 
  • speed controller  untuk menggerakkan motor
  •  trottoe  untuk mengatur kecepatan sepeda
  • battery /accu  sebagai power sepeda
perlu di ketahui bahwa motor DC dan controller yang digunakan sepeda listrik banyak macam dan typenya jadi sesuaikan dengan kebutuhan sobat. saya sarankan menggunakan  type hub motor  karena lebih mudah merakitnya. contoh hub motor  seperti  yang saya pakai  dibawah ini

merakit sendiri  sepeda listrik memamfaatkan barang bekas dari rongsokan besi tua

Sepeda listrik rakitan saya bisa baca secara detail nya DISINI
pada hub motor diatas  type motor BLDC/brushless motor 3phasse. sobat bisa juga menggunakan yang type brushed / yang pakai sikat arang  untuk lebih hemat biaya  tapi saya lebih menyarankan untuik pakek yang bldc saja lebih awet dan powerfull.

nah kalau semua perlengkapan diatas sudah ada ..tinggal pasang  ke sepeda bekas punya sobat. terserah mau dipasang di belakang boleh  mau dipasang di depan juga boleh hub motornya.

battery dan controllernya disarankan untuk di bungkus  agar aman  dari air saat hujan. sobat bisa bikin pack battery dari aluminium atau viber  sebagai tempat battery dn controllernya..
jangan lupa trottote /handel gas juga dipasang.

untuk penyambungan kabel  tergantung  type motor dan controller yang digunakan . biasanya  ada buku panduan/manual book saat membeli controller.

kalau pakai motor type brushed yang ada sikat arangnya itu lebih gampang karena hanya ada 2kabel saja dari dinamo
kau type BLDC  ada 8 kabel yang keluar dari dinamo/motornya.

a. 3 kabel besar adalah kabel untuk motornya
b. 5 kabel adalah kabel hall sensor nya.
brushless motor yang khusus sepeda listrik biasanya menggunakan hall sensor  untuk  memaximalkan torque nya. lain dengan brushless motor yang di gunakan  drone  tidak pakai hall sensor karena menggunakan  brushless motor type sensorles dan ESC.  mungkin pada kesempatn lain akan saya bahas juga tips membuat drone .

oke sobat jika sobat menggunakan  controller 36-48v  350watt  sambungan kabelnya sama dengan punya saya  sobat bisa  lihat video sambungan controller di channel saya

jika menngunakan controller dan motor type lain bisa di diskusikan di kolom komentar ya..

selanjutnya  masuk ke tahapan battery . sobat tentukan dulu mau pakai battery apa. karena banyak macamnya..kalau saya pakai  lithium ion bekas  battery laptop . dirakit/pack sampai 48volt  .
disarankan untuk memasang BMS pada battery pack  agar lebih aman dan powernya maximal.

kalau mau yang simple pakai accu saja . tapi yang khusus sepeda listrik yaa. minimal 12volt  12ah.

kalau motor sobar 48 volt  berarti  4buah accu 12volt =48volt.
kalau sobat ingin jarak tempuh lebih jauh gunakan yang 20ah minimal sesuaikan dengan kebutuhan sobat saja deh pokoknya hehehehe...soalnya harga battery masih tergolong mahal sob...

mungkin sekian dulu tips merakit sepeda listrik nya ...kita bisa sambung di kolom komentar saja  jika ada yang masih belum difahami...
oke sobat sampai jumpa di post berikutnya  silahkan bantu support  blog ini dengan cara subcribe channel  blog ini di youtube  terimakasih

dan hasil rakitan sepeda listrik saya  sobat bisa lihat vedo berikut ...



dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form