Brushless vs Brushed Motors pilih mana

Motor brushless dan  Brushed   yang mana lebih baik?? dan apa perbedaannya ?


Oke pada kesempatan kali ini saya akan  lebih berfokus  pada perbedaannya masalah mana yang lebih baik pada kedua motor tersebut itu Relatif ya tergantung siapa yang menilainya . kedua motor ini mempunyai prinsi perinsip  fisik yang sama namun  struktur  kinerja dan kontol keduanya berbeda secara signifikan

Perbedaan yang mencolok

perbedaan yang mencolok pada keduanya  .pada motor Brushed  menggunakan carbos brush /sikat arang (ada juga yang menamakan Cool ) untuk menjalankan motor tersebut.
sedangkan pada brushless motor  tidak menggunakan carbon brush  melainkan sebuah control yang biasa disebut controller motor speed dalam hal ini brushless  motor lebih unggul dan lebih beradaptasi  karena tidak menghasilkan gesekan  dan tidak menghasilkan panas yang berlebih miskipun motor dijalakan lebih lama, selain itu motor brushless  lebih tahan lama dan mengurangi biaya perawatan karena tidak harus mengganti carbon brush yang aus seperti pada motor brushed  yang harus selalu mengganti corbon brush setiap kali carbon/sikat arang sudah tipis .

perbedaan mencolok antara brushless dan brushed motor secara signifikan

Brushless vs brushed motor

penampakan kedua motor diatas menjelaskan perbedaannya. pada motor brushed akan selalu kehabisan carbon brush/sikat arang  disebabkan gesekan dan percikan api disaat motor dijalankan
oleh karena itu motor brushed lebih cepat panas dalam pengoperasiannya karena gesekan yang terjadi secara terus menerus. kalau di gunakan pada sepeda listrik motor brushed  jauh lebih panas ketimbang motor brushless pada jarak tempuh yang sama. pada postingan sebelunya saya sudah bahas tentang kendaraan  listrikyang bisa di baca DISINI . atau sobat bisa cek perbedaan kedua motor tersebut disekitar lingkungan sobat yang bisa di temui sehari hari.  seperti contoh pada dinamo stater misalnya. sekarang dinamo stater sudah berangsur angsur pindah dari brushed ke brushless motor. sobat bisa perhatikan sepeda motor keluaran terbaru  sudah banyak yang menggunakan dinamo stater brushless motor (BLDC) juga pada mesin bor tangan yang menggunakan battery sudah banyak yang menggunakan brushless motor..

perbedaan mencolok antara brushless dan brushed motor secara signifikan
gambar di atas menjelaskan kinerja brushed motor yang menggunakan arus searah /DC sedangkan yang menngunakan arus AC bisa kita temui pada bor ,gerinda ,mixer,blander dan senisnya yang menggunakan arus AC 220v.
untuk brushless motor yang menggunakan arus AC bisa kita temui pada mesin penggerak /motor 3phase dalam hal ini biasanya menggunakan arus AC khusus  dan harus berlangganan listrik 3phase pada PLN. biasanya banyak ditemui pada mesin mesin industri dan mesin bubut lebih banyak menggunakan motor 3phase ini.
dan untuk brushless motor yang menggunakan arus DC sebagai pasokan daya bisa kita temui pada drone ,sepeda listrik dll.

perbedaan mencolok antara brushless dan brushed motor secara signifikan

pada gambar di atas contoh brushless motor /BLDC  type outrunner  untuk type inrunner saya tidak  tampilkan gambar  biar tidak terlalu panjang postingannya dan saya yakin sobat sudah faham perbedaan outrunner dengan inrunner pada bldc  tersebut. sekarang saya akan membahas perbedaan mencolok pada kedua motor ini kalau dilihat dari luar.

pada dinamo motor brushed  hanya ada dua kabel yang keluar dari dinamo/motor
sedangkan pada motor brushless  ada 3 kabel yang keluar dari dinamo itu kalau  brushless motor type sensorless seperti gambar di atas .
sedangkan yang menggunakan hall sensor  ada 8kabel yang keluar dari dinamo  3 kabel untuk running nya  dn 5 kabel untuk hall sensornya.
brushless motor yang menggunakan hall sensor di fokuskan pada Torque nya  sedangkan brushless motor yang sensorless berfokus pada speed nya.
nah untuk speed control pada kedua motor di atas akan saya bahas di lain kesempatan  dan untuk pembahasan lebih lanjut mengenai artikel ini bisa lanjut di kolom komkentar karena saya menulis artikel ini tengah malam saya tidak kuat menahan kantuk heheh jadi saya kira cukup dulu untuk postingan ini  dan sampai jumpa di post berikutnya ..sampai jumpaaa

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form