Membuat BLDC motor 12v

Brushless motor 

adalah sebuat dinamo yang paling banyak di gunakan di berbagai alat alat electronic karena brushless motor jquh lebih efektif dari pendahulunya yaitu Brushed motor .
Brushed motor  adalah sebuah dinamo yang menggunakan brush(sikat arang ) yang banyak kita temui pada dinamo  mikanik jaman dulu
Namun seiring perkembangan waktu dinamo brushed banyak digantikan dengan dinamo brushless yang punya kelebihan lebih efektif dan awet karena tidak perlu mengganti brush(sikat arang lagi)

Brushless motor menggunakan system control sebagai penggerak putaran dan mengatur kecepatan dan arah putaran motor  yang di kenal aebagai driver (Controller)

Nah bagai mana cara membuat atau menggulung ulang kotor brushless? Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan contoh menggulung/membuat dinamo brushless motor.
Pada contoh yang saya berikan ini  sebuah beushless motor buatan sendiri /handmade. Cara menggulungnya kurang lebih sama saja. Jika sobat ingin gulung ulang sobat bisa pakai data original dari dinamo yabg akan digulung ulang tersebut.

MEMBUAT BRUSHLESS NOTOR SENDIRI


Mamfaatkan  barang2 bekas disekitar sobat sebagai bahan nya. Misalnya bekas kipas angun ,pompa air dll. Seperti  yang  pernah saya buat sebelumnya  di channel youtube saya BLUMBUNGAN TEHNIK sobat bisa kunjungi channel di atas  untuk mengecek hasilnya.
Oke  kali ini saya akan membuat brushless motor sederhana saja ya agar lebih mudah di fahami  .
Membuat bldc motor 12v
Sebelum memulai saya akan jelaskan dulu  bahan bahan di atas.
1. ESC  /control speed
2. Stator "saya menggunakan bekas angker  dinamo mesin jahit .
Jumlah lobang/slot 12".
3. Magnet neodymium 4biji " saya menggunakan magnet bulat ukuran diameter 5mm tebal 2mm. Dan sebagai rotornya saya menggunakan  tutup specker  (bekas specker tv)"
Jadi yang saya buat ini  menggunakan 4buah magnet dan 12 slot  pada statornya.

Cara menggulung stator.

1. Pada pahse pertama saya tandai dengan A1. Pada awal lilitan dan A2 pada ahir lilitan.
Lilitan di awali dengan cw,ccw,cw,ccw  jadi ada 4 kutub yah seperti gambar berikut

Lilitan stator pada phase 1 bldc motor

Gulungan awal  menggunakan jarak dua lobang .hitungan per lobang 5-10 lilitan untuk 12v. Minimal arus 5A.
Untuk arus yang lebih kecil bisa kurangi jumlah lilitan.
Karena kita menggunakan 4buah magnet jadi saya samakan kutub coilnya menjadi 4kutub

Lilitan coil bldc phase ke dua

2. Setelah phase oertama selesai lanjutkan dengan melilit pada phase ke dua . Caranya sama dengan yang tadi perhatikan gambar jarak/kutubnya.

Lilitan phase ke 3 dalam gulung motor bldc

3. Begitu juga dengan phase ke tiga  lakukan hal yang sama  antara jarak kutubnya dan jumlah likitannya.
Sehingga ada 6 kabel keluaran  dari
A1-A2  .B1-B2  . C1-C2.

Koneksi lilitan coil bldc
 4. Penyambungan /connection   bisa perhatikan skema dibawah ini.  Jadi kabel yang terhubung ke controller/ESC harus  A1-B2- C1  perhatikan gambar di atas.

.Skema connection bldc

5. Setelah semuanya selesai  solder semua dengan baik ,lalu pasang dan siap untuk di coba 

Homemade bldc motor

Membuat sendiri bldc motor dirumah

Untuk hasil nya akan saya upload di channel saya dan akan saya tampilkan videonya di bawah postingan ini.atau sobat bisa langsung lihat di channel saya.
Jangan lupa dukung channel blog ini dengan SUBCRIBE,LIKE AND SHARE ke teman teman sobat di FB dan media sosial lainnya. Karena dukingan sobat sangat berarti bagi admin blog ini untuk terus  berbagi tehnik tehnik yang bermamfaat launnya .karena dukungan sobat adalah penyemangat buat kami untuk terus berkarya.
Oke sampai disini dulu pembahasan kita tentang Tehnik membuat BLDC 12v ini. Semoga bermamfaat dan bisa menjadi tambahan pengetahuan buat para pemula lebih lebih buat sobat pencinta brushless motor. Karena brushless motor ini bisa di aplikasikan  pada sepeda listrik,drone,Rc dll.
Oke sobat sampai jumpa dinpostingan berikutnya. Salam sukses selalu.


dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form