Macam Macam Setingan Modem Indihome

Modem indihome Huawei HG8245H5


salam sejahtera dan selamat datang di blog ini .pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara setting modem wifi indihome dasar agar lebih nyaman saja sih. untuk menghindari pembobolan  kemungkinan besar  susah sekali ya karena  jaman sekarang sudah serba canggih dan pandai pandai orang nya. yaa setidaknya  kita bisa membuat sedikit tameng untuk wifi kita sendiri.
dalam postingan ini saya  memberikan contoh router bawaan telkom Huawei HG8245H5 dinama  router ini versi yang terbaru  untuk saat ini di awal tahun 2020.

halaman login huawei hg8245h5

Macam macam setingan  sedehana

Router Huawei model ini lebih mudah setingannya ketimbang versi sebelumnya yang lumayan ribet dan sangat cocok untuk pemula yang baru mengenal  modem wereles.
pada kesmpatan kali ini saya agendakan untuk setting beberapa dasar setingan defend untuk mencegah orang jahat dengan mudah masuk ke wifi kita .ingat ya langkah ini sebatas mencegah saja agar orang tidak dengan mudah mengobrak abrik modem wifi kita. kalau orang leluasa masuk ke setingan modem kita bahaya gak??? tentunya bahaya dooong  ...klo cuma masuk untuk mencuri pasword saja dan sebatas mau numpang koneksi internet dari wifi kita tentunya gak bahaya kalau cuma sebatas itu doang..akan tetapi jika memang sengaja orang masuk ke wifi kita dengan niat jahat bisa berabe kan???heheheeh

   Oke ada beberapa langkah setingan yang akan kita pelajari bersama di kesempatan kali ini di antaranya:



oke 5 step ini yang akan kita pelajari di postingan ini selebihnya bisa kita diskusikan di kolom komentar di bawah yaaa...
dan untuk sobat sobat yang ingin membuka usaha  jualan voocher hotspot dalam lingkungan sekitar dengan memamfaatkan  wifi yang ada di rumah kita  nanti akan saya bahas di lain waktu karena pembahasannya lumayan panjang dan tidak mungkin bisa di gabung dalam postingan saat ini.  karena kita harus menambah beberapa alat dulu untuk memulai usaha HOTSPOT UNLIMETED ini  antara lain harus menambah
A- Router Mikrotik untuk difungsikan untuk memanagement  jaringan dan jaringan wifinya .
 B- router wereless  tambahan  yang akan di fungsikan untuk memancarkan ulang wifi dari mikrotik agar menjadi acces point dan berfungsi untuk memperluas sinyal wifi  {bisa menggunakan  modem bekas indihome yang sudah tidak dipakai.}

Seting modem huawei hf8245h5

oke kembali ke materi  langkah pertama untuk melakukan setting pada modem  kita  harus mengetahui ip address dari modem tersebut sobat bisa tanyakan pada tehnisi saat pemasangan modem/melalui telpon .
bisa juga sobat cek di belakang modem biasanya sudah ada keterangannya disitu  dari pabriknya.
alamat IP berseta password standart wifinya. IP standart Huawei Hg8245h5 adalah 192.168.100.1

oke jika sudah mengetahui IP adressnya langsung saja ketikkan IP tersebut di bowser. bebas ya menggunakan browser apa saja kalau pakai android ya pakai browser android  atau memakai komputer /laptop  sama sama bisa.

setelah selesai di ketik pada browser  silahkan login di halaman login seperti gambar yang ada di atas .
setelah masuk  menuju ke menu  advenced yang ada di sebelah kiri layar  yang sudah saya kasih tanda kotak.

setrting bagian wlan modem wifi.merubah password dan sembunyikan ssid


pada bagian menu advenced  ada beberapa  menu lain yang berjejeran  .disini kita akan setting yang penting pentingnya saja  yaitu di bagian menu WLAN silhkan kil menu tersebut makan akan dibawa kehalaman seperti gambar berikut

halaman tampilam settingan  untuk merubah password wifi dan nama wifi







pada halaman di atas saya akan jelaskan   secara  berurutan di gambar yang sama ya biar postingannya tidak terlalu panjang.

- pada bagian  yang di beri tanda kotak merah paling atas  adalah menu tampilan SSID wifi kita  disana kita bisa merubah /menambah  sesuai keinginan kita . jika ingin menambahkan SSID  tinggal klik New yang saya beri tanda panah biru di dalam kotak tersebut.

- kita lanjut kebawahnya lagi ya..
pada tanda panah berwarna biru  itu nama tampilan wifi kita yang bisa kita ubah kapan saja  dan pada tanda panah berwarna hijau dibawahnya  adalah jumlah nomer batasan seberapa banyak pengguna wifi kita  .nah kita bisa setting sesuai keinginan kita seperti contoh di atas hanya 8 perangkat yang di ijinkan mengakses wifi pada waktu yang bersamaan dengan melakukan settingan ini kita bisa memanag akses agar jaringan lancar /tidak lemmot.

-lanjut kebawahnya yang dikasih tanda lingkaran itu fungsinya untuk menampilkan/menyembunyikan  tampilan SSID/nama wifi kita  direkomendasikan untuk tidak di tampilkan bagi pengguna wifi  pribadi  dirumah agar tangan tangan jail tidak mudah mencuri wifi kita. mencuri wifi itu boleh gak bang?? gak boleh dosaaa hehehe.

-oke lanjut ke bawahnya lagi tanda panah hijau yang menuju ke kanan  itu adalah password wifi kita  yang bisa kita ubah kapan saja sesuai keinginan kita .saran saya jika wifi kita dah mulai lelet /lemmot sebaiknya cepat ganti passwordnya  biar lancar lagi hehehe.


oke untuk settingan di bagian WLAN sudah cukup sekarang kita lanjutkan dengan setting di bagian  System management:
pada bagian ini kita akan di atahkan ke halaman Account mamagement  seperti gambar dibawah ini

cara merubah password login di huawei hg8245h5



pada halaman Account management kita bisa merubah password login ke modem kita . demi kenyamanan kita sebaiknya cepat dirubah paswordnya  sebelum orang lain mengutak atik settingan wifi kita.
dengan cara masukkan password lama .lalu maasukkan password baru  sesuai keinginan kita.disarankan buat password yang mengandung huruf,angka.dan nomerik lalu catat dan simpan agar tidak lupa dikemudian hari .jangan lupa setiap melakukan perubahan settingan  ahiri dengan klik simpan/save.

dan untuk mengetahui siapa saja dan berapa yang menggunakan wifi kita  bisa di lihat di bagian halaman awal  saat kita baru login ..ya agar lebih mudah saya tampilkan gambarnya saja dibawah ini

cara mengetahui siapa saja yang  menggunakan wifi kita



yang saya tandai kotak merah itulah semua perangkat yang terhubung dijaringan wifi kita  sobat bisa cek dengan cara klik  dibagian kiri gambar HP /no1. maka semua perangkat yang menggunakan Hp akan diketahui di sana .jenis Hp typenya dll.
dan untuk yang nomer 2 ditengah itu perangkat yang menggunakan laptop/komputer yang terhubung ke jaringan wifi kita .sobat tinggal klik untuk mengeceknya.
dan yang nomer 3  adalah laporan perangkat apa saja yang telah melakukan reset pada modem kita.
disana akan di ketahui jenis perangkatnya apa dan berapa kali modem kita di reset ulang..

yahh... begiotu saja sihhh...saya kira sudah cukup  yah..semoga dapat difahami dengan mudah khususnya buat para pemula yaaa...
oke browww sampai disini dulu jumpa kita ...kita akan jumpa lagi di postingan berikutnya.... wasaalam...............

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form