tutorial Gulung ulang Kipas Angin dinding maspion 24 slot

Gulung ulang kipas angin dingding maspion  baling besi


kipas angin dinding rusak /kobong /terbakar  jangan langsung dibuang  sebaikmya coba di perbaiki  dengan dua cara
1 - belikan dinamo baru . cuma dinamo gulungan pabrik pada umumnya  menggunakan kawat alumunium  yang beredar dipasaran .ada juga sih yang jual dengan lilitan tembaga tapi sulit ditemukan .yang paling banyak di temui ditoko toko hanyalah lilitan kawat alumunium.
2- digulung ulang .kita bisa belajar menggulung ulang dinamo kipas angin sendiri  untuk pengalaman pribadi  buat yang suka belajar /di kasih sama tukang servis.kelebihan menggulung ulang sendiri kita bisa menentukan sendiri kwalitas kawat yang bagus.
nah pada kesempatan kali ini kita  akan belajar bersama cara menggulung ulang kipas angin dinding maspion yang sering kita jumpai di mesjid mesjid.

kipas angin maspion  model pw-456 w

Langkah langkah gulung kipas angin 24 slot

pertama tama jika ingin belajar dari awal  bongkar dulu dinamo kipasnya lalu hitung jumlah lilitan yang originalnya  besrta ukuran kawatnya .lalu di catat . sobat juga bisa langsung mengikuti sesuai yang ada di tutorial ini.tapi dalam tutorial ini saya tidak menggunakan data originalnya.ukuran kawat dan jumlahnya berbeda yaa..

1-  pertama tama buat dulu lilitannya  jangan lupa di mall dulu sesuai ukuran yang sedang di kerjakan.dan dalam contoh ini saya menggunakan maspion  model : pw- 456 w. (kipas dinding yaa}
pada dasarnya cara gulung sama dengan kipas angin lainnya  bedanya hanya pada jumlah lilitan dan ukuran kawatnya dan jumlah lobang nya. namun tehnik menggulungnya sama saja oke.
sekarang kita buat dului roll lilitannya dan untuk kipas angin tornado bisa lihat DISINI

lilitan untuk gulung ulang kipas angin


 kita buat /4 roll lilitan untuk
a. 4x untuk Running roll besar  dengan jumlah lilitan = 400/roll
    4x untuk Running roll  kecil  dengan jumlah lilitan = 200/roll
b. 4x2.untuk Speed  roll kecil  dengan jumlah lilitan 200/roll {yang ini saya double 2kawat sekaligus }
c. 4x untuk Starting  roll besar   dengan jumlah lilitan  500 /roll
ukuran kawat  0,20 

setelah semuanya selesai di buat tinggal kita pasang pada statornya  di mulai dari Running  roll kecil  lalu dilanjutkan dengan running roll besar  lalu disambung  lilitan ahir dari roll kecil  disambung dengan lilitan awal dari roll besar  jadinya seperti gambar berikut

stator kipas angin 24 slot setelah di gulung ulang


pada gambar di atas akan ada dua ujung kawat  yang pertama R1.= sama dengan awal lilitan dari roll kecil  dan R2 = ahir lilitan  roll besar. jangan lupa di beri tanda ya
jangan lupa arah lilitan jika kita mulai lilitan ke arah kanan  maka lilitan ke 2 ke arah kiri  begitu seterusnya. oke...

2- pasang lilitan speed .perhatikan gambar. untuk roll kecil jarak 2 lobang dan roll besar jarak 4 lobang. jadi untuk spedd akan di pasang di atas lilitan running roll kecil (tumpang tindih} arahnya sama dengan yang tadi yaa...
koneksi/penyambungan. dari awal speed A disambung ke R1 {akan jadi speed 1}
lalu ahir lilitan speed A disambung ke  awal lilitan speed B.{akan menjadi speed 2 }
lalu ahir dari lilitan speed B disambung ke awal lilitan Starting  {akan jadi speed 3 }
dan ahir lilitan  Running /R2  akan menjadi ground yang langsung ke AC.
penampakannya akan seperti ini

koneksi kabel untuk gulungan  kipas angin maspion


3.Penyambungan rangkaian kabel

 -selanjutnya tinggal di sambung ke kabel masing masing sesuai warna bawaan dari kipas   biasanya
Merah = speed 1
Hitam = speed 2
kuning = speed 3
Putih =  AC
Oringe = capasitor
Biru =  masa/ground

setelah tersambung semua lalu di ikat  jangan lupa untuk dikasih isolator pada tiap lilitan biar tidak cepat kongslet.

dengan melakukan sambungan sesuai petunjuk di atas  arah pitaran baling kipas ke arah jarum jam. jika sobat ingin membalik putaran  tinggal ubah koneksi R1 dan R2 nya di balik. bisa juga membalik posisi  statornya. tapi lebih baik mengubah  sambungannya saja. karena pada umumnya lobbang keluaran kabel nya ada pada bagian body yang belakang.

tehnik gulungan di atas berbeda dengan originalnya./ pada umumnya. kalau tehnik originlnya biasanya seperti ini roll lilitannya.

pada Running  itu di campur dari roll kecil lalu sambung ke roll besar sampai tercipta 4 roll  2 roll kecil dan 2 roll besar  .begitu juga dengan speed dan startingnya.  sama dengan tehnik menggulung  dinamo mesin cuci.
tapi saya pakai cara di atas karena lebih cepat  dan praktis saat membuat roll lilitan.
sobat bisa menggunakn tehnik di atas atau pun tehnik umum seperti lilitan original.
hasilnya sama sama bagus ..

oke saya rasa sudah cukup penjelasan saya diatas .semoga di pahami  jika belum faham silahkan dibaca lagi dengan teliti langkah langkahnya  secara berurutan .jika ada pertanyaan bisa lanjut di kolom komentar .oya komentar sobat tidak akan langsung muncul  sebelum saya setujui jadi kirim komentarnya sekali saja ya jangan di ulang ulang dalm pertanyaan yang sama  jadi bukan karena error tapi memang todak langsung muncul komentar sobat  saya kira sudah faham ya sobbb..

oke sampai disini dulu jumpa kita  hari ini. salam sukses selalu  dan sampai jumpa di postingan berikutnya....

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form