data lilitan kipas angin tornado

 jumlah lilitan kipas angin regency / tornado

pada kesempatan ini saya akan berbagi data lilitan/ jumlah gulungan kipas angin regency / tornado 24 alur  kemaren sudah saya buatkan video tutorial  gulung ulang kipas angin tornado ini  ,sobat bisa lihat/ tonton videonya di channel saya blumbungan tehnik  atau nanti saya sisipkan  dibawah postingan ini agar teman teman dapat memahami penjelasan saya di postingan ini. dan untuk gulung ulang kipas angin dinding 24 alur Baca DISINI

data lilitan kipas angin tornado


arah lilitan pada kutub kipas angin tornado

pada video tersebut sudah saya jelaskan arah lilitan per kutub nya jadi teman teman bisa nonton videonya sambil mem praktekkan nya dirumah masing masing , pada lilitan running ,speed dan starting langkah langkahnya sama saja arah lilitannya bedanya berada pada jumlah lilitan dan jumlah lingkarannya. pada lilitan running ada dua lingkaran yaitu lingkaran kecil; dan lingkaran besar ,namun pada speed dan starting hanya menggunakan lingkaran besar saja 

jumlah lilitan dinamo kipas angin regency/tornado

Running : 

lingkaran kecil = jumlah lilitan nya 250 lilit

lingkaran besar = jumlah lilitan nya 400 lilit 

Speed :

pada gulungan speed  menggunakan lingkaran besar saja ,jumlahnya sama yaitu 100 lilitan  dan pada gulungan ini bisa di double / di gulung bersamaan  biar lebih cepat dan menghemat waktu. jadi 2 helai kawat digulung bersamaan  100 lilit jadi totalnya 200 lilit 

Starting :

pada starting lingkaran besar  juga sama dengan pada gulungan speed  dan dipasang di lobang yang sama  dan pada lilitan starting jumlahnya 500 lilit 

ukuran kawat email :

untuk ukuran kawat email saya menggunakan ukuran kawat 0,20 jadi dalam pengerjaan saya kemaren ukuran kawat saya naikkan dari ukuran 0,18 saya naikkan ke ukuran 0,20  kelebihannya powernya lebih joss dan lebih awet  untuk di gunakan sehari hari dan lebih adem miskipun kipas menyala nonstop 

data lilitan kipas angin tornado


ilustrasi wiring /penyambungan :

running awal lilitan di tandai dengan R1 dan ahir lilitan ditandai R2

speed ditandai dengan SP1 pada awal lilitan dan ahir lilitan ditandai SP2 dan untuk sepeed satunya lagi ditandai dengan SP3 dan SP4

starting  pada lilitan awal ditandai dengan  S1 dan ahir gulungan ditandai dengan S2

urutan penyambungan:

R2 disambung dengan SP1 = menjadi speed 1

SP2 disambung dengan SP3 = menjadi speed 2

SP3 disambungan dengan S1 = menjadi speed 3 

SP4 disambung langsung ke capasitor ukuran 2,5 uf dan kabel capasitor satunya di sambung dengan R1  yang terhubung langsung ke AC 220v.

penyambungan ini sudah saya jelaskan detail di video yang sudah saya upload di channel youtube saya jadi tonton baik baik dan berulang ulang sambil baca postingan ini disaat praktek (khusu pemula) agar mudah di fahami  dan jika anda menginginkan putaran kipas angin yang berbeda /kebalik tinggal di balik saja urutan sambungannya di atas,



oke semoga dapat difahami dengan baik dan selamat mencoba semoga praktek yang anda kerjakan sukses tampa kendala apapun. namun jika masih ada yang belum difahami silahkan bertanya di kolom komentar di video yang saya upload tersebut.  terimakasih telah mampir di blog ini sampai jumpa di postingan berikutnya. wassalammmmm. 

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form