tehnik membuat multiboot OS atau tools perbaikan hardisk

Tools Multi boot perbaikan hardisk



kali ini kita akan membahas alat perang untuk para tehnisi komputer  yang biasa digunakan beberapa tehnisi  pada umumnya. dengan membuat multiboot seperti ini akan bermamfaat saat kita menghadapi komputer/laptop yang sedang bermasalah:
fungsi utama multiboot seperti ini biasanya di pakai untuk merepair windows,linux atau mac os yang hang  atau tidak bisa booting dll.
bisa juga di pakai untuk mengecek dan memback-up data pada hardisk yang terpasang pada komputer/laptop yang sedang error.
jadi sebagai tehnisi kita akan terbantu dengan  multiboot seperti ini  saat bekerja  . seperti yang kita tau bermacam macam masalah sering terjadi pada laptop/komputer  entah itu di bagian software maupun di bagian hadware nya.


DVD Tools multi boot 

kembali kepembahasan utama  .untuk membuat multiboot banya sekali cara yang bisa kita gunakan  bisa menggunakan cara di atas untuk membuat multiboot  dalam bentuk dvd  {tentunya dalam hal ini  terbatas  ya  yang bisa kita masukkan} jika menggunakan dvd sebagai  media bootablenya disarankan  di isi hanya bagian bagian untuk repairing hardisk saja karena tool tool untuk repairing hardisk ukuran file iso nya  tidak terlalu besar. kita bisa memasang tool tool sebagai berikut:

1- hiren'sboot cd   { sudah banyak tool toll yang dapat digunakan di dalamnya}
2- ultimate boot cd { yang ini mirip dengan point no 1}
3- hddregenerator { digunakan untuk mengecek kesehatan hardisk bagian badsector dll }
4- hd sentenil          { kurang lebih sama dengan fungsi pada  cek hardisk dll}
5- mhdd 32 
6- untuk bagian backup data  kita bisa masukkan . mini tool recovey, pandora recovery dan sejenisnya}
kita juga bisa memasukkan banyak aplikasi  selama media bootable nya muat  capasitasnya. jadi sesuaikan dengan kebutuhan oke.
 
sobat juga bisa memasukkan ITPS  (sebuah aplikasi mirip hiren's boot cd  tapi lebih lengkap di dalamnya} dan aplikasi ini hasil karya anak indonesia  sobat bisa download aplikasinya gratis  melalui kaskus  atau langsung ke websitenya  IT Tools  pack solution project 

jika sobat membuatnya menggunakan  Xboot  tampilannya seperti gambar berikut disaat booting  di laptop/komputer


karena itu saya buat hanya sebagai contoh saja jadi saya hanya memasukkan beberapa file saja  dan menggunakan media dvd sebagai bootable nya.
kalau yang saya pakai  sendiri ada banyak yang saya gabungkan dalam satu bootnya  karena media yang saya gunakan menggunakan hardisk exsternal 80Gb.
jika sobat punya flasdisk capasitas minimal 16Gb sudah bisa di gunakan sebagai multiboot  system operasi .

Penggunaam flasdisk 

nah untuk membuat multiboot menggunakan flasdisk  ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan  antara lain sebagai berikut:

1- Multiboot usb
2- Yumi
3- Rufus dan banyak lagi
semuanya sobat dapatkan di google  secara gratis ....

jika sobat menggunakan flashdisk yang berukuran besar  bisa di isi dengan bermacam  system operasi dan tool tool sesuai kebutuhan sobat  biasanya daftar isinya sebagai berikut  {bisa di sesuaikan dengan kebutuhan  dan kapasitas flasdihk nya ya}

1- windows 10 32-64-bit
2- windows 8 32-64-bit
3-  windows 7 32-84-bit
4- windows xp
5- linux  ,ubuntu,batrack dll
6- mac OS  original / machintos {versi di luar apple}
7- berbagai macam tool  seperti yang di atas  { hiren'sboot dll}
8- windows 10-7 versi mini
9- ubuntu mini / linux lainnya
10- boot repair 32-64-bit
11- berbagai macam, anti virus /anti malware live CD
dan banyakl lagi yang bisa  kita pasang  jadi sesuaikan dengan kebutuhan saja  , dan perlu di perhatikan  semua yang kita pasang  harus dalam format ISO  ya

jadi sebelum mulai membuat kita siap kan dulu file file ISO masing masing system operasi maupun tools nya. semuanya bisa sobat dapatkan di masing masing situs reminya {recomended jika memungkinkan} jika tidak memdapatkan dari situs resmi boleh saja download di situs lain  cuma kadang file file nya terdapat bug  tapi tidak semuanya  banyak juga kok yang berjalan normal  tapi di usahakan cari di situs resmi biar lebih enak dan aman. oke ....

mungkin itu saja ya sharing untuk hari ini.   kita bisa diskusikan lebih lanjut  di kolom komentar dibawah atau di kolom komentar di youtube  dibawah video di atas...
oke semuga pada lancar lancar saja semuanya dan di selamatkan dari wabah virus corona /covid 19 aminnnn
sampai jumpa di postingan berikutnya ...by byyy

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form