Ganti Bearing Gerinda Maktec MTxxx

Ganti bearing gerinda maktec








pada video di atas  akan saya jelaskan detailnya  di blog ini karena masih banyak sobat sobat subcriber yang masih  kurang faham tehnik melepas bearing  pada maktec mt xx ini .karena  memang lumayan susah  bagi kita yang tidak mempunyai peralatan yang lengkap apalagi buat yang masih pemula/baru belajar tehnik perbaikan perkakas.

Menggunakan alat seadanya


jika sobat tidak mempunyai peralatan yang lengkap seperti saya sobat bisa ikuti tehnik saya .
1.- cari plat besi yang tipis tapi  kuat kalau ada bahan baja. {saya menggunakan  besi siku yang paling  tipis jadi harus bersabar karena setiap kali di ketok pakai palu sikunya yang bengkok}

2- karena  spasi dari kepala gerinda dengan gear sangat tipis  sehingga plat besi siku paling tipis pun tidak bisa masuk. jadi  gear kita coak kanan kiri  {perhatikan pada video diatas}

3- setelah di coak  kita panaskan /bakar gear dan as nya  secukupnya {kira kira saja pakai filling} bisa menngunakan kompor atau las karbit dll.  saya menggunakan seperti gambar dibawah ini


alat bakar / las portable


4-  lalu di tracker {kalau ada tracker}tapi pengalaman saya tracker biasa untuk buka bearing/impeller itu tidak kuat  .jadi kita ambil langkah  diketok dengan palu .gunakan palu minimal 5kiloan agar cepat  ada hasilnya.. lakukan terus dengan sabar karena tidak langsung lepas butuh proses  karena memang ada yang sangat susah. tapi ada juga yang gak begitu susah tinggal ketok 3x dah lepas  ya kadang juga ada yang berkali kali gak lepas lepas .

alat yang digunakan sebagai penahan gear maktec

{gambar di atas hanya contoh saja ya  .contoh posisi  saat akan kita ketok pakai palu}

tips dan solusi

namun jika sobat punya dana cukup alangkah baiknya beli alat semacam hidrolick  tinggal dorong  dengan hidrolick dah bisa lepas  kalau saya pribadi gak mampu beli alat semacam itu karena harganya yang mahal.

jika masih angel /belum juga lepas lakukan langkah 3-4 itu berulang ulang  jika capek istirahat dulu lakukan dengan santai jangan buru buru karena mengerjakan sesuatu dengan buru buru hasilnya akan kurang baik  ,bukan memperbaiki malah tambah rusak  hehehe jadi kalau kita jengkel saat membuka bearing  kepala gerinda maktec ini yan istirahat dulu jangan luapkan emosi sobat karena itu akan berakibat fatal. bisa bisa kepala gerindanya sobat banting  karena susahnya hehehehe.

gunakan besi runcing untuk sebagai alat pembatas antara palu dengan as gear gerinda  jangan di palu langsung ke as nya karena akan membuat as rusak /mengembang /melebar atasnya makanya disarankan lakukan dengan santai tampa emosi /jengkel oke heheh
oke sobat sampai disini dulu jumpa kita pada cara ganti bearing gerinda maktec ini . kita akan berjum lagi di postingan berikutnya ...sampai jumpaaaaaaaaaa

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form