Tutorial ide kreatif merubah kipas Ac ke Dc 12v Part2


Ide kreatif merubah kipas Ac ke Dc 12v





Pada blog ini saya akan buatkan skema sederhana dan mudah di fahami .karena dalam video tersebut saya tidak sempat membahas bagian skema dikarenakan ada beberapa video yang hilang juga faktor pengeditan karena hp jadul saya sering cras saat mengedit video dengan durasi yang agak panjang.

BACA JUGA : Atasi laser level bosch ggl 5-550 x mati total

Merubah kipas ac 220v ke dc 12v 


Oke pertama tama saya akan masuk ke bagian lilitan dinamo nya .
Pada dinamo kipas angin 12v dc ini  saya menggunakan :
-kawat ukuran 0.30
-Jumlah lilitan 150/lubang.
-jumlah kutub 4 (masing masing 2kutub)
-jumlah magnet pada rotor 8 dengan susunan  N-S-N-S begitu juga pada lilitan dinamo

Stator gulungan kipas angin dc

Lilitan pertama =A1.pada ujung. A2 pada ekor
Lilitan ke dua =B1 pada ujung  .B2 pada ekor
Arah lilitan sudah dijelaskan dalam video
Dan cara penyambungan kabel dan koneksi rangkaian akan saya gambarkan  pada skema  berikut ini

Skema kipas angin dc 12v


Transistor pada skema menggunakan transistor jenis PNP (anda juga bisa pakai transistor jenis NPN tinggal di balik saja kutub positif negatifnya)
Berhubung saya hanya punya transistor ini PNP jadi saya pakai saja. Oke lanjut.

Rotor permanen magnet


-lilitan A1. Masuk ke kaki transistor E (emitor) "gabung dengan kabel positif  pada baterai ya "
-lilitan A2 masuk ke kaki transistor  B (basis)
-lilitan B1   sebagai tegangan negatif
(langsung ke kabel negatif pada baterai)
-lilitan B2 masuk ke kaki transistor  C (colektor)
Itu saja sambungan kabelnya.. lanjutt..ke bagia Rotor

Magnet rotor kipas angin 12v.

Rotor seperti yang di jelaskan di atas  menggunakan 8 magnet neodymium  dengan susunan n-s-n-s pada kutub nya.
Cara membuat rotor permanen magnet/magnet rotor bisa lihat video sebelumnya proses pembuatan rotor magnet di channel saya. Oke lanjut

Kipas angin mampu nyala terus menerus

performa kipas dc 12v


Kipas angin dc ide kreatif blumbungan tehnik ini mampu di nyalakan 1minggu tampa henti .sudah saya lakukan percobaan dengan tegangan 12-24v.transistor dan dinamo aman tidak panas   jadi sangat berguna untuk sebuah kipas angin portable .
Selain di fungsikan sebagai kipas angin dinamo ini juga bisa di fungsikan sebagai mini generator (dinamo brushless motor generator dari kipas angin bekas) multi fungsi bukan ?? Hehehehe
Dukung terus channel blumbungan tehnik dengan subcribe like dan batu share ke media sosial agar teman teman sobat juga merasakan mamfaat dan dapat pengetahuan baru yang bisa di kembangkan sendiri sesuai kreasi dan kemampuan sobat sobat sekalian.
Disini kita hanya perlu mengasah kemampuan dengan cara melatih otak kita dengan cara banyak belajar,menonton,dan membaca  karena hidup itu adalah suatu pelajaran bagi kita semua.
Ike mas brow mbak brow saya kira cukup sampai disini jumpa kita hari ini .semoga kita semua di berikan kesehatan dan sukses selalu aminnn sampai jumpa di postingan berikutnya.. byyy

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form