cara membuat power suply tampa travo

 skema rangkaian power suply tampa trafo

Salam sehat Bro...dan selamat datang di bloger blumbungan pada kesempatan kali ini saya ingin membuat transformerless 5V /power suply  tanpa trafo dengan menggunakan bekas bulb / lampu led.

kalau ada gunakan dengan ukuran daya yang kecil saja seperti  3W atau 5W , kenapa saya anjurkan, menggunakan bekas bulb saja karena murah ... ini saja harganya tidak sampai 3 ribu rupiah mungkin Off line sekitar RP. 10000/pcs dari pada kalian beli kapasitornya saja mending menggunakan bekas rangkaian lampu led atau bekas chaner hp saja  jadi untuk membuat transformerless,kalian butuh kapasitor, seperti yang ada pada bekas lampu led tersebut , bila beli sekitar 3 ribu rupiah pcs ,ok, akan saya coba yang  bekas lampu led  saja, karena masih bagus kasitornya  dan  kapasitornya sudah saya lepas. BACA juga Membuat lapu tampa kabel  yang sudah saya posting sebelumnya 

yuk kita praktek membuat power suply tampa travo 5v

oh..iya, kalian perhatikan ... umunnya led bulb dipasang secara seri, artinya secara teori, merupakan sumber arus jadi dipasang secara seri.... jadi biasa digunakan sebagai catu rangkaian sederhana, oke bagaimana memulainya? disini saya akan kasih contoh skema  rangkaian power suply tampa travo 5v 


skema power suply tampa travo

skema rangkaian power suply tanpa travo


nanti akan saya buat 5V atau 12V tergantung zener yang saya miliki mudah-mudahan zener 5V ada, karena saya ingin membuat transformerless 5V  ... ok, akan saya ukur tegangan output bulb ini ...sekitar 20V ... terbaca Bro ...lalu akan saya ukur arusnya saya lepas dahulu ...

perhatikan, besar arus yang akan saya ukur terlebih dahulu

sekitar 17mA ....kecil nanti teorinya akan saya beri tahu ini sebagai praktek saja sebelum saya gambar, kita lihat ukuran kapasitornya .... terbaca Bro .... 400V334  ini resistor .....kemudian kapasitor kapasitor 334 ....resistor 470K kemudian bridge dioda kemudian, ini sumber listriknya 220Vac...frekuensinya disini 50Hz kemudian resistansinya kapasitor 4,7uF 250V Resistor 330K resistor 100 ohm lalu , led 9 pcs, dipasang secara seri

jadi untuk membuat transformerless 5V berdasarkan hasil pengukuran didapat arus sekitar 20mA akan saya hitung secara teori arus maksimum ini dimisalkan seperti resistor umumnya resistor ini biasa disebut resistor bleeder berfungsi sebagai pengosongan kapasitor jadi kedua komponen ini, sebagai resistansi baru untuk kapasitor ini, akan saya hitung besar arus maksimum ok, kapasitor yang digunakan 334  ini maksudnya 33 dikali 4 banyak 0 dalam pF, lalu rubah ke nF kurangi 0 nya 3 pcs, menjadi 330nF kemudian yang umum dengan dalam uF jadi nilainya 0,33uF

kemudian resitansinya dengan nilai kapsitor seperti ini

Rc  frekuensinya 50Hz

C nya 0,33 10 minus 6

Rc=9,651

Rc=9651 ohm

lalu besar arus maksimum Imak ......... maksudnya arus maksimum rangkaian ini

tegangan input 220Vac ...........

didapat sekitar 22mA

paham ya Bro ... jadi ingat, untuk mengetagui arus maksimum gunakan cara mudah seperti ini, dengan nilai kapasitor yang ada kemudian, untuk mendapatkan tegangan output 5V karena arusnya kecil, zener bisa kalian pasang disini ....atau disini agar mudah... zener akan saya pasang di disni saja ... yang penting, kalian memahami secara teori dan praktek Katoda Zener ke positif output Anoda zener ke negatif output saya beri kabel positif output dan negatif input kita test hasilnya

saya On kan ... ya, mantap Bro ... terbaca 5V lalu matikan lalu check zemernya, apakah panas jadi biasakan dalam mencoba step by step tapi iini sudah mantap...lihat 5V lalu bagaimana, bila menggunakan nilai kapasitor yang berbeda akan saya beri teori sedikit kenapa saya pasang lansung zener disini ? ini karena arus maksimum 22mA dan zener yang saya gunakan zener 1W jadi hitung besar daya pada zener

biasanya ada resistansi seri terhadap zener karena arus 20mA, jadi R tidak diperlukan karena daya pada zener.... daya pada zener sekitar 0,1W jadi zener masih sanggup misal, kalian menggunakan nilai kapasitor yang lebih besar dengan menggunakan rumus ini arus maksimum sekitar 100mA maka hitung daya pada zener, bila melebihi spesifikasi daya zener, kalian tambar R misal kita gunakan zener 1W

Iz maksimum Zener 1W

Iz=200mA...ini juga tidak perlu R

ok, kita misalkan zener 1/2W

jadi Izmak .....

Iz=100mA

jadi harus tambah R, nilainya terserah kalian, tapi jangan terlalu besar seperti ini 100 ohm jadi fungsi R disini, agara daya pada zener tidak melebihi spesifikasi daya zener paham ya Bro ... ok, saya rasa tidak ada yang aneh lagi semoga dapat ditangkap dengan baik dalam pikiran teman teman selaian  dan maaf ya brow kalau susunan kalimatnya agak berantakan karena saya agak gaptek dalam menyusun kalimat ..agar lebih mudah ikuti contoh skemanya 

terima kasih telah berkunjung, salam sehat selalu dan semoga sukses selalu  buat anda yang pernah berkunjung kesini terlebih yang sering mampir ke blog ini.. wassalammmmm


dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form