bongkar panel monitor lcd dell 17inch yang bercak hitam

layar monitor lcd yang bercak bercak hitam  dan kotor sangat lah mengganggu aktifitas kita saat berada di depan komputer /laptop.
pada umumnya bercak hitam pada layar  monitor komputer/laptop disebabkan karena usia  monitor yang sudah cukup tua  dan kerusakan yang paling  berpotensi adalah panel lcd pada monitor tersebut.
mengganti panel lcd pastinya harus menyediakan dana yang cukup besar  (tergantung merk monitornya) karena panel lcd tiap tiap ukuran dan merk tidaklah sama harganya.  namun  tidak murah .
tips menganalisa kerusakan monitor lcd  dengan anggaran yang lebih sedikit .dengan syarat kondisi monitor masih normal dipakek  dan hanya bermasalah bercak bercak hitam saja. seperti contoh dibawah ini

tutorial membongkar monitor lcd merk dell kaki v  yang bermasalah  bercak bercak hitam pada layar


  yang dilingkari merah itu yang paling tebal.
monitor ini sudah di klaim  panelnya rusak  dan harus di ganti panelnya oleh beberapa teman teman tehnisi.
tapi saya masih sangsi  panelnya rusak soalnya dipakai tiap hari normal2 saja   hanya terganggu  bercak hitam saja...
ganti panel lebih baik beli monitor lagi yang bekas asal masih normal  dalam pikiran saya karena harga nya tidak jauh jauh amat. . nah karena saya penasaran dan saya yakin panelnya baik baik saja jadi saya bongkar monitornya  ( cara bongkar monitor lcd merk dell kaki v  bisa lihat video di bawah)
setelah saya bongkar  saya coba bersihkan yang kotor ternyata tidak bisa karena ada di lapisan dalam bercak hitamnya saya jadi berpikir berarti ini di ganti polaisnya saja bisa .
ahirnya saya buka polarisnya pelan pelan . benar saja polarisnya hampir tertutup seluruhnya oleh bercak bercak tersebut.

tutorial membongkar monitor lcd merk dell kaki v  yang bermasalah  bercak bercak hitam pada layar

ini gambar polaris yang telah saya buka tadi.. jadi kerusakan monitor dell kaki v 17in ini ada pada polarisnya  dan tinggal ganti polarisnya maka monitor akan normal kembali .

jadi jika sobat mempunyai masalah seperti ini sebaiknya di cek dulu  dan pastikan kerusakannya di bagian mana.
kalau kita lihat dari kasat mata memang kerusakan monitor ini adalah panel lcdnya  namu kenyataannya  hanya polarisnya saja  setelah di analisa dengan teliti,

dengan mengganti polaris lcd nya saja kita telah menghemat anggaran dalam memperbaiki monitor  komputer ini.

monitor ini versi yang cukup lawas  tapi sangat kuat dan bagus juga ada  colokan usb di bagian samping  yang berguna untuk memasang tambahan kipas pendinggin atau untuk mencharger hp.

mungkin cara membongkarnya lebih sulit ketimbang membongkar monitor lcd laptop  karena lebih banyak tambahan komponen di dalam monitor tersebut .
tapi tidak terlalu sulit setelah dibongkar  hanya kelihatannya saja yang  sulit.

beranikan diri untuik melakukan nya dan ambil keputusan yang tepat  untuk mendapatkan pengalaman yang baik. karena pengalaman akan menjadi ilmu yang akan terus melekat di otak kita selamanya.

oke sobat  silahkan simak video cara membiongkar monitor lcd merk dell  dibawah ini.



baca juga  kyeboard komputer tidak mau conek 
terimakasih telah mampir di blog ini semoga bermamfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya
wassalam...

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

3 Comments

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

  1. gimana gan apa sudah membaik monitornya? kebetulan saya juga mengalami tapi bercak putih dan ada butiran butiran air d dalam monitor saya, apa kira2 bisa dibersihkan segera ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monitor saya jadi bening lagi setelah polarisnya di ganti..pastikan dulu masalhnya ada pada polaris apa panelnya..

      Delete
Previous Post Next Post

Contact Form