keyboard komputer tidak mau conek?

keyboard komputer error


Ada banyak faktor keyboard pada sebuah komputer tidak bisa conek atau tidak terbaca  dan tidak berfungsi saat komputer dijalankan. penyebab umum yang sering terjadi pada keyboard tidak mau connek.

cara menyambung kabel keyboard komputer yang putus dalam

  • kkonektor/colokan  sudah longgar  (kalau yang type usb  biasanya konektor usb longgar)
  • driver keyboard error saat proses penginstallan windows/linux (hal ini jarang terjadi)
  • kabel keyboard ada yang putus (nah yang ini sangat banyak terjadi)
Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas  kerusakan keyboard komputer tidak mau connek karena kabelnya putus.  untuk keyboard yang  sudah menggunakan wireless  tidak akan dibahas di postingan ini.

penyebab keyboard komputer  error

Sebelum masuk ketahap  penyambungan kabel yang putus  kita masuk  dulu ke tahap dasar nya
Penyebab kabel keyboard putus di dalam.
  • posisi/tempat keyboard ada di samping cpu   sehingga kabel keyboard  menekuk kesamping (usahakan posisi kabel keyboard lurus kedepan agar kabel lebih aman)
  • kabel keyboard terlalu kenceng (biasanya terjadi cpu terlalu jauh sehingga kabel keyboard kenceng karena kurang panjang)
  • kabel keyboard sering di gulung (biasanya terjadi pada keyboard yang digunakan sebagai portable) setiap selesai dipakai keyboard disimpan ditempat lain 
  • kabel keyborad di tekuk (biasanya ini terjadi saat kabel keyboard terlalu panjang lalu di tekuk )kadang sering terjadi kabel di ikat terlalu kenceng karena terlalu panjang ini sangat tidak disarankan .

periksa kabel keyboard

Lalu bagaimana kabel yang sudah terlanjur putus di dalam ? jangan khawatir karena masih bisa di sambung atau di ganti kabel baru  dengan catatan  keyboard dalam keadaan berfungsi normal sebelum kabelnya putus .
cicri ciri kabel putus  di dalam  biasanya tiba tiba  keyboard tidak berfungsi dan tidak terbaca .
untuk lebih mudahnya sobat bisa cek lampu indikator pada keyboard  kalau tidak menyala sama sekali itu bisa karena kabelnya putus di dalam .
untuk mengeceknya sobat potong kabelnya dibagian yang di curigai atau cek menggunakan avo meter.
  1. silahkan bongkar keyboardnya lepas semua bautnya pelan pelan  lalu angkat tutup belakangnya  kalau sudah nampak seperti gambar dibawah ini   buka pada bagian  yang di beri panah  angkat pelan pelan jangan sampai putus/sobek
    cara menyambung kabel keyboard komputer yang putus dalam
  2. angkat bagian mika/plastik  yang banyak jalurnya itu lalu bersihkan debu debu yang menempel sampai bersih 
lalu pada bagian chip /panel keyboard  buka kabel lama (selahkan di solder untuk membukanya)

cara menyambung kabel keyboard komputer yang putus dalam
3. lalu pasang kabel yang tadinya di putus  ke panel chip keyboard /ganti kabelnya dengan kabel yang baru  (bisa juga menngunakan kabel data usb  yang biasa dipakai pada hanphone) seperti keyboard saya ini saya ganti dengan kabel data usb  samsung .yang perlu diperhatikan sambungan kabelnya jngan sampai kebalik ingat ingat saat membuka kabel yang lama posisi warna kabelnya.
biasanya sama dengan kabel data  bagian pinggir biasanya kabel arus -+ bagian tengah data chipnya.

4. karena sudah dibongkar sekalian bersihkan bagian dalam keyboard dari debu dan kotoran lainnya  terlebih lagi di bagian kenop kenop /tombol keyboard

cara menyambung kabel keyboard komputer yang putus dalam

perhatikan gambar diatas  bagian tombol yang ditandai panah  itu dibersihkan semuanya  agar fingsi keyboard  stabil seperti keyboard baru hehehe...

setelah selesi dibersihkan semuanya silahkan dipasang kembali  lalu di tes apakah sudah connek apa belum.
jika belum conek atau lampu indikator tidak menyala atau menyala berkedip kedip semuanya led nya  kemungkinan posisi kabel ada yang salah (silahkan diperbaiki penyambungan kabelnya)
namu jika sudah conek dan terbaca langkah selanjutnya tinggal pasang bautnya  dan keyboard anda sudah stabil kembali  dan dapat di gunakan sebagaimana mestinya..

Bagai mana dengan tombol keyboard yang Error  /ada sebagian tombol yang tidak berfungsi?
beberapa tombol yang tidak berfungsi biasanya disebabkan karena  kotor atau kenop tombolnya yang putih putih pada gambar di atas sudah aus /sobek . kalau sobek sobat bisa menggantinya dengan mengambil dari keyboard yang sudah rusak /mati total.

Oke  saya kira sudah cukup pembahasan kali ini  untuk masalah monitor lcd yang bercak hitam silahkan baca  Cara Bongkar Monitor Lcd dell  pada postingan sebelumnya.

semoga bermamfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya  sampai jumpa...

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

2 Comments

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

  1. Masalahnya lupa posisi kabelnya gimana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel power posisi di pinggir + kanan - kiri

      Delete
Previous Post Next Post

Contact Form