Perintah untuk install wine 5.0.1 di linux mint 20

 instalasi wine 5.0.1 di linux mint ulnaya


mungkin anda sedang mencari cari cara menginstall aplikasi wine terbaru 2020  mulai dari versi 5.0 sampai versi 5.0.1 di linux mint versi 20 yang baru saja selesai di rilis di bulan ini juli 2020.
cara ini mungkin sama untuk di lakukan pada linux  ubuntu dan turunannya. dan pada postingan ini admin menggunakan linux mint versi 20 ,jika sobat pengguna ubuntu 20 kemungkinan sama perintah perintahnya  dan mungkin saja cara ini masih work di ubuntu  silahkan di coba yah.. dan share hasilnya di kolom komentar agar teman teman yang lain dapat mamfaatnya juga . disini admin menggunakan linux mint mate 20 yang penampakan nya sebagai berikut 

Tambahkan teks
 
pada gambar di atas aplikasi sudah tersedia di spftware manager bawaan linux mint  namun aplikasi yang tersedia tidak lagi support untuk versi linux mint 20 .disaat linux mint saya belum di upgrade masih linux mint 19.3 wine bawaan lancar lancar saja saya pakai  akan tetapi setelah saya upgrrade ke versi 20  wine bawaan tidak bisa berjalan dan tidak ada respon sama sekali ketika di luncurkan.(double clik)

untuk mejalankan wine di linux mint 20 membutuhkan aplikasi wine yang terbaru  versi 5.0 /5.0.1 yang dapat di install melalui terminal  untuk lebih jelasnya sobat bisa simak video nya yang nanti akan saya sisipkan di bawah. di dalam video tersebut saya menggunakan perintah perintah sebagai berikut.

KODE PERINTAH INSTALASI WINE:


1) sudo dpkg --add-architecture i386
2) wget -nc https://dl.winehq.org/wine-builds/winehq.key
3) sudo apt-key add winehq.key
4) sudo xed /etc/apt/sources.list
deb https://dl.winehq.org/wine-builds/ubuntu/ bionic main
deb https://download.opensuse.org/repositories/Emulators:/Wine:/Debian/xUbuntu_18.04/ ./
5) sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys DFA175A75104960E
6) sudo apt update
7) sudo apt install --install-recommends winehq-stable
8) winecfg

NOTE:


harap di perhatikan di dalam video saya melakukan sedikit kesalahan  pada poin perintah no 4  saya tidak sengaja menghapus isi di dalam list tersebut  sehingga saat penginstalan terjadi error pada wine saat configurasi. dan saya hanya memasukkan tambahan yang berawalan deb itu hanya satu  yang seharusnya dua dua nya di masukkan semuanya/ di paste ke list yang muncul saat perintah no 4 itu di jalankan kode dibawah ini harus di tambahkan semuanya ya..
deb https://dl.winehq.org/wine-builds/ubuntu/ bionic main
deb https://download.opensuse.org/repositories/Emulators:/Wine:/Debian/xUbuntu_18.04/ ./

semoga di fahami ya maksud note penting di atas . oke langkah pertama buka terminal dan masukkan perintah 1-8 secara berurutan 


massukkan password super user kalian .lalu tekan enter di keyboard setelah memasukkan perintah .
masukkan perintah perintah di atas secara berurutan ya.. dari no 1 sampai no 8.


nah setelah sampai pada perintah no 4  akan ada popup yang muncul seperti gambar di tas  dan ingat isi list nya jangan di hapus oke ..tapi hanya di tambahkan kode yang berawalan deb  ke bagian bawah list.



jika sudah terinstall aplikasi wine  akan ada konfigurasi seperti gambar di atas setelah perintah terahir di masukkan . akan ada beberapa configurasi yang harus sobat install  nantinya  .
setelah selesai di configurasi  lakukan pengetesan terlebih dahulu  sebelum ter,imalnya di close



di dalam video saya melakukan pengetesan beberapa aplikasi window  yang saya jalankan  contohnya seperti gambar di atas  saya menjalankan  aplikasi yumi  dan berhasil untuk aplikasi portable  saya juga mencoba menjalankan aplikasi winbox dan berhasil juga
namu ada eror saat saya coba menginstal shareit . makanya saya jelaskan di atas  file list jangan di hapus . dalam video terjadi erro itu di sebabkan isi file list terlanjur saya hapus dan hanya menambahkan  1 kode perintah yang berawalan deb . yang artinya di dalam video saat penginstallan ada yang kurang  sehingga aplikasi aplikasi pendukung seperti netfamework tidak ikut terinstal.
maka dari itu setelah coba install shareit  error dia tidak menemukan netframework yang terinstall disana.

namu jika kode perintah di masukkan semuanya  dan tidak menghapus isi list nya insya allah akan sukses 100%  untuk menginstall aplikasi windows di linux. akan tetapi jika hanya ingin menjalankan aplikasi portable  masih bisa jalan lancar tampa kendala.

oke sobat mungkin sampai disini saja share perintah untuk install wine 5.0.1 di linux 20 yang saya berikan untuk kesempatan ini kali ini  kita akan jumpa lagi di  postingan berikutnya ..semoga bermamfaat dan salam sukses selalu...wassalam..


dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form