How to build a bedini motor generator

Membuat bedini motor generator sederhana 




How to build a bedini motor generator


,tutorial cara membuat bedini motor generator dari kipas ac. Bedini motor,,brushless motor generatior,bedini motor blumbungan tehnik,kipas bedini,fan bedini motor,
Ikuti terus caranya dari awal gulung coil brushles bedini motor ini sampai selesai pada 8 pole.
Stator kipas angin bedini ini 24 slot dan rotor bedini motor 8 magnet.

Lilitan stator saya coba 35 lilit per lobang sebanyak 8 lingkar
Digulung dengan jarak 2 lobang pada tiap lingkar coil dan setelah di tes ternyata mampu sampai 36 volt speed lumayan kenceng di voltage 36 volt tapi transistor cepat panas. BACA juga cara gulung generator genset DISINI


Gulung coul bedini motor


Di tes dengan voltage 12-24 volt speed standart kayak kipas angin pada speed 1. Transistor tidak panas tampa pendingin dan mampu di nyalakan 24jam tampa henti.
Pada rotor saya menggunakan magnet neodymium grade biasa (yang murah2 saja) sebanyak 8biji
Ukuran magnet:
Bulat =12mm
Tebal =1,5mm
Di susun NSNSNS
Sesuaikan pole coil dengan pole magnet agar singkron dan menghasilkan energi
.

ROTOR MAGNET:


cara membuat rotor bisa sobat lihat video tutorial di channel saya yang telah di upload sebelumnya di channel blumbungan tehnik.
rotor akan power full jika menggunakan magnet yang grade nya tinggi . jika sobat serius ingin mengembangkan motor generator permanen magnet yang perlu di perhatikan bagian rotor ini terutama pada kwalitas magnet itu sendiri.
magnet yan g tebal dan lebar sangat di sarankan untuk menunjang arus yang lebih kuat dan stabil.

pada video di atas hanya dipakai 1phase nya saja rencananya masih akan di teruskan lilitannya dua phase lagi agar menjadi 3phase namun untuk saat ini admin kehabisan kawat emailnya termasuk dananya hehehe...

bedini motor ini sama seperti motor bedini lainnya yang bisa di fungsikan untuk charger baterai ,biasanya menggunakian dua buah baterai untuk bedini motor baterai 1 untuk menjalakan motor dan baterai 2 di gunakan untuk baterai yang sedang di charger . berhubung admin tidak punya aki/baterai jadi admin menggunakan adaptor sebagai testing dan lampu led sebagai testing arus output nya.

LILITAN STATOR:


pada lilitan stator admin menggunakan 2 kawat ukuran yang berbeda 0.30 dan 0,40 yang di lilit bersamaan yang biasa di kenal dengan lilitan bifillar coil pada setiap lobang admin isi sebanyak 35 lilitan jadi 35 lilit 8 lingkar 35 lilit x 8 dengan slot/ lobang stator yang berjumlah 24 lobang untuk di jadikan 3phase rumus sederhananya 8x3 = 24 gitu deh rumus ala saya hehehe.
dengan jumlah lilitan 35 mampu diasupi tegangan 12-24volt. lilitan stator masih aman dan tidak panas miskipun di nyalakan berhari hari. karena admin sudah buktikan pada video sebelumnya yang berjudul ide kreatif bikin kipas angin dc 12v dari kipas rusak.
saya menggunakan tehnik yang sama dengan bedini motor ini dan bedini motor ini juga saya aplikasikan ke kipas angin (kipas angin gantung ) dan sampai saat ini masih saya pakai

oke sobat mungkin sampai disini saja penjelasan saya tentang isi video idi atas semoga bermamfaat dan bisa sobat kembangkan  lebih dalam lagi terutama buat anak anak muda  yang bergerak di jurusan ini  dalam pendidikannya..
sampai jumpa di postingan berikutnya ...

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form