gulung ulang angker/armature

 Gulung ulang angker/armature (Armature winding)


armature atau angker pada sebuah dinamo biasanya sering kita temui pada jenis dinamo yang berkecepatan tinggi seperti gerinda,blender,bor,profil dan lain lain.

dan pada motor jenis ini yang sering mudah rusak adalah di bagian angkernya/armature  yang disebabkan oleh banyak sekali faktornya. dan pada kesempatan hari ini saya akan membahas cara menggulung ulang angker/armature  ini yang bisa diterapkan pada semua jenis angker dinamo apa saja  cara menggulungnya  sama saja tidak jauh berbeda ,yang berbeda itu jumlah lilitannya .jadi jumlah lilitan tergantung  watt angker yang kita gulung  dan besar kecilnya kawat email yang di pakai pada gulungan angker tersebut. jadi saya  akan jelaskan gimana cara mengetahui jumlah lilitan pada angker yang akan kita gulung ulang .pada kesempatan kali ini saya contohkan  sebuah angker blender yang mudah mudah saja agar dapat difahami dengan mudah .karena ada dua jenis angker dinamo yang berbeda pada sebuah motor yang beredar dipasaran. ada yang lebih mudah dalam pengerjaannya ada juga yang agak lebih susah/ribet  pada proses pengerjaannya. perbedaan yang saya maksudkan diatas seperti dibawah ini:

Jenis jenis armature /angker dinamo

1.- angker dinamo dengan jumlah pin komutator 12 dan slot/lubang angkernya  berjumlah 12 juga .type ini lebih mudah di kerjakan  karena pada setiap lobang tidak perlu tumpang tindih lilitan.

2. - angker dinamo dengan jumlah pin komutator 24 tapi jumlah slot/lubang angkernya  12 lubang.  nah type ini lebih susah dikerjakan karena setiap lubang harus tumpang tindih lilitan nya.

akan tetapi pada kedua jenis tersebut sama saja cara gulungnya bedanya hanya pada type ke dua di atas harus di isi dua kali pada lubang angkernya (lilitan tumpang tindih) sedangkan pada angker type pertama  lubang angkernya hanya diisi sekali saja karena jumlah pin komutator dan lubangnya sama.

nah pada kesempatan kali ini saya akan kasih contoh yang mudah yaitu angker type pertama  dengan jumlah pin komutator 12 dan lubang jumlah 12 pula..



Proses gulung angker/armature sebagai berikut

oke kita mulai saja .silahkan bongkar dulu angkernya lalu hitung jumlah lilitan aslinya pada lubangnya. cukup di hitung satu lubang saja ya.karena setiap lubang jumlah lilitannya pasti sama. pada contoh yang saya praktekkan ini  setiap lubangnya isi 35 lilitan dengan menggunakan kawat ukuran 0,25  (angker blender)

1-pertama tama siapkan dulu dua buah kawat email dengan ukuran yang sama  dan pangjang yang sama  misalnya kawat 1 2ons  kawat ke 2 juga 2 ons gitu kira kira.

untuk memulai silahkan kasih nomer pada pin komutator dan pada slot/lubang  angkernya. pin 1 pada komutator sampai pin 12 . dan lubang 1 pada angker sampai 12.

pada kawat pertama akan di gunakan pada pin 1 sampai pin 6 dan kawat ke dua akan di gunakan pada pin 6 sampai pin 12. jadi digulung secara bergantian ya kawan..

2 - setelah semua dah dikasih nomor kita mulai menggulung nya. menggunakan kawat ke 1  masuk ke pin komutator nomor 1. lalu masuk ke lubang no 6 dan 1  (jadi setiap lilitan jarak 4 lubang ya ) lilit sebanyak 35 lilitan sesuai aslinya. pada contoh ini jumlah lilitan 35 oke.

setelah selesai 35lilitan ujung kawat no 1 tadi masuk ke pin komutator no 2. lalu simpan dulu kawat pertama tadi.\

3 - seterusnya ambil kawat no 2 lalu mulai menggulung pada pin komutator no 7 masuk ke lubang no 12  dan 7 dililit sebanya 35 lilitan juga. setelah selesai ujung dari kawat ke dua tadi masuk ke pin komutator no 8

4 - kalau sudah selesai  simpan dulu kawat no 2 tadi .lalu ambil kembali kawat no 1/pertama tadi  masih ingat kan tadi sebelum disimpan ujung kawat no 1 tadi masuk ke pin komutator no 2 kan ? jadi tinggal di teruskan lagi dari pin komutator ke 2 masuk ke lubang no 7 dan  no 2 dililit sampa 35 lilitan juga. lalu ujungnya masuk ke pin komutator no 3 .lalu disimpa lagi kawat no 1 tersebut.

5 - setelah kawat nor 1 tadi di simpa kita pindah lagi ke kawat no 2 .kita lihat tadi sebelum disimpan kawat no 2 ujungnya masuk ke pin no 7 .kita teruskan lagi dari pin komutator no 7 masuk ke lubang no 1 dan 8 lilita sebanyak 35 lilitan lalu ujungnya masuk ke pin komutator no 8 lalu pindah lagi ke kawat no 1 lagi . bagitu seterusnya  di lilit bergantian (separuh2) kawat no1 separuh dan kawat no 2 juga separuh. ..sampai semua ujungnya bertemu intinya.  faham kan kawan??..kalau masih bingung silahkan tonton videonya di channel saya  blumbungan tehnik oke..

ini yang dinamakan pin komutator dan lubang angker 


Perhatikan hal berikut


note: yang di atas itu namanya pin komutator dan yang panah bagian bawah ini yang saya sebut  lubang angker /kern nya.

jadi yang perlu di ingat  digulung bergantian antara kawat no 1 dan kawat no 2  di atas .rinciannya seperti ini. kawat no 1 di gulung dari pin komutator no 1 sampai 6                                                       dan kawat no 2 di gulung mulai dari pin komutator no 6 sampai 12  gitu kawan..semoga di fahami ya...memang agak susah untuk menjelaskannya  harap di maklumi..tapi akan saya sertakan video nya nanti  sebagai ilustrasi tehnik gulungnya ..silahkan juga cari cara bongkar angker sebelum di gulung untuk mengetahui jumlah lilitan originalnya. sudah saya upload juga di channel saya.

oke setelah selesai di gulung angkernya maka penampakannya seperti gambar berikut ini 



kalau sudah di lilit semuanya  akan seperti gambar diatas kawan.. dan yang perlu di perhatikan pada bagian pin komutator jangan lupa kawatnya di kerok dulu adar terkoneksi dengan komutatornya. dikerok sampai benar benar bersih lapisan enamel nya  oke...

oke mungkin sampai disini saja  kita bisa lanjut lagi di kolom komentar jika masih ada yang perlu dibahas lebih lanjut  dan saya akan sisipkan link video  terkait gulung ulang angker ini di bawah ini.

salah satunya dari video saya  jika ingin video gulung angker lainnya sobat bisa cari di channel saya  ada lagi kok gan.. makasih telah mampir di blog ini..semoga anda semuanya sukses selalu ...wassalamualaikum ....



dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

2 Comments

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form