Penghasilan Cover Lagu Di Youtube

 cover lagu juga dapat di monetisasi

iya bisa banget,.jika teman teman hoby musick dan suka membuat video cover lagu  (tentunya lagu orang lain yang dinamakan cover lagu) yang memiliki hak cipta /copyright ,dan pertanyaan yang sering muncul  apakah cover lagu bisa menghasilkan uang dari youtube ? jawabannya bisa coba saja teman teman bikin cover lagu yang channelnya sudah di monetisasi di youtube , ada juga pertanyaan pertanyaan yang sering muncul sebagai berikut

  1. cara minta izin cover lagu di youtube
  2. cara izin lagu ke publisher
  3. cara minta izin hak cipta lagu di youtube
  4. dan lain sebagainya...

mungkin pertanyaan pertanyaan di atas  muncul dalam pikiran teman teman yang ingin membuat video cover lagu di youtube.. karena saya pun sering bertanya tanya seperti itu  sebelum  membuat cover sebuah lagu. dan karena saya penasaran banget ahirnya saya pun mencoba membuktikan sendiri  dan membuat beberapa cover lagu  backing track nya saya download di youtube  setelah selesai videonya  saya upload ke channel saya di youtube dan langsung saya aktifkan monetisasinya .dan dibawah ini salah satu contoh video cover lagu yang saya buat 

pada postingan sebelumnya sudah saya bahas channel youtube saya hilang yang bisa dibaca DISINI





dan jika teman teman ingin melihat semua cover lagu yang saya buat bisa lihat di playlist musick  disana ada beberapa yang sempat saya bikin dan menghasilkan uang tentunya..

apakah harus minta izin dulu sebelum membuat cover lagu ?

ya kalau anda kenal atau tau pada yang menciptakan lagu itu ada baiknya minta izin terlebih dahulu  akan tetapi jika anda tidak tau dimana harus menghubungi si pencipta lagu  tidak minta izin juga gak apa apa karena itu bukan keharusan yang mutlak ,

kena klaim hak cipta apakah membahayakan akun youtube?

jawabannya tidak..channel kita aman aman saja  kalaupun ada konten atau video cover lagu yang kena klaim hak cipta/copyright  paling kita akan menerima pemberitahuan dari pihak youtube bahwa video yang berjudul bla bla bla kena klaim hak cipta  dan informasinya lengkap di dalam email tersebut  dan intinya memberitahukan bahwa video tersebut masih bisa di monetisasi  dengan cara berbagi penghasilan dengan si pemilik lagu/penciptanya.

apakah semua lagu kena copyright/klaim hak cipta ?

itu tergantung backing track yang kita pakai untuk cover lagu ,jika backing track yang di gunakan terdaftar di CONTEN ID maka video kita akan kena klaim hak cipta / copyright dan berbagi penghasilan dengan pemilik lagu tersebut , namun jika backing track yang kita pakai belum terdaftar di conten id  video kita bisa lolos dari copyright / klaim hak cipta dan mendapatkan penghasilan penuh dari video cover lagu tersebut

karena sudah saya buktikan sendiri ada beberapa video cover lagu yang saya buat lolos dari copyright  dan mendapatkan penghasilan penuh dari video tersebut ,saya membuat video cover lagu hanya karena penasaran dengan pertanyaan pertanyaan di atas  dan kebetulan saya hoby dan suka membuatnya  jadi saya tidak begitu kepikiran video saya kena copyright atau tidak  dan backing track nya juga saya ambil dari youtube kena klaim hak cipta atau tidak masa bodoh  gitu. jadi saya tidak punya beban dengan copyright  karena saya hoby saja dan sempat membuatnya. karena saya buat cover lagu disaat saat saya punya waktu luang dan tidak ada pekerjaan  dari pada begong dan jenuh maka saya buatlah video cover lagu gitu...jadi di antara beberapa cover lagu yang saya buat ada yang dapat penghasilan penuh  (lolos cpyright) ada juga yang terkena copyright (berbagi penghasilan) 

jika terkena copyright berapa penghasilan yang kita dapatkan

kalau video kita ke klaim hak cipta penghasilan  kita dari video tersebut kecil sekali  mungkin hanya beberapa % saja  penghasilannya akan lebih banyak mengalir ke pemilik hak cipta .jadi jika teman teman ingin membuat video cover lagu  harus jeli untuk memilih backing track yang akan di gunakan ,carilah backing track yang betul betul free/gratis  ,namun tentu saja susah dapatnya  dan juga sulit untuk membedakannya karena masih belum ada aplikasi yang dapat digunakan untuk mendeteksi  backing track  yang bisa membedakan mana yang free mana yang terdaftar di conten id. kalau teman teman menemukan aplikasi yang dapat membedakan backing track  seperti di atas harap kasih tau saya yah hhehehe....karena saya membuat video cover lagu ini untung untungan  kalau lolos copyright alhamdulilah  dan kalau pun kena copyright ya gak apa apa gitu hehehehe...oke sampai disini saja yah sampai jumpa di postingan berikutnya  wassalaammmm

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form