skema adjustable voltage regulator 0-4o volt

 Cara membuat  regulator sederhana adjustable

pengertian adjustable adalah menurunkan tegangan dan menaikkan tegangan  ,jadi bisa menurunkan juga bisa menaikkan tegangan dari maksimal tegangan yang masuk misalnya input di kasih tegangan 40v maka  dengan adjustable ini tegangan 40volt tersebut dapat di diturunkan sampai 1volt atau sebaliknya pada outputnya  dengan di atur menggunakan potensio B5k untuk mengatur tinggi rendahnya tegangan,cara ini sudah saya coba menggunakan power suply 24v 30A dan sudah di coba juga dengan baterai,kebetulan saya pernah bikin baterai pack 40volt yang pernah saya pakai untuk sepeda listrik rakitan saya ,untuk sepeda listrik rakitan kamu bisa baca DISINI baterai pack DISINI..

Regulator LM 317

regulator adjustable ini sangat sederhana sekali hanya menggunakan 3-4 komponen saja  dan semua komponen nya umum dan banyak di temukan  di toko toko elektronik, bahan bahan dasar yang di gunakan  sebagai berikut

  • IC regulator LM 317
  • Resistor 100 ohm /1k
  • Potensio B5k
  • elko 50v 1000uf
untuk koneksi sambungan komponen silahkan solder sesuai dengan skema di bawah ini 

skema regulator adjustable lm 317t

 

skema simple voltage  regulator lm 317 

skema diatas adalah versi sederhana bahkan yang pernah saya coba ke sepeda listrik saya  ( saya fungsikan sebagai Reducer)

rangkaiannya lebih sederhana lagi  hanya menggunakan 3 komponen saja dengan input tegangan 40 volt outputnya 12v 

yang saya gunakan untuk control baterai,lampu,klakson dll pada sepeda listrik saya. skema rangkaiannya sebagai berikut

skema regulator lm 317 sederhana

NOTE:

pada rangkaian di atas  saya ubah dengan mengganti resistor menjadi 100 ohm dan potensio yang saya gunakan5k

rangkaian ini  normal pada suhu 0-100 derajat celcius  dan selama ini tidak ada kendala sama sekali pada sepeda listrik

saya  selama ini.jika kamu ingin membuatnya saya sarankan untuk merangkainya pada sebuah PCB agar lebih kokoh 

dan stabil pada komponennya   dan lebih mudah untuk menepatkan rangkaian adjustable voltage regulator ini pada box,

oke mungkin itu saja yang dapat saya sharing untuk hari ini semoga bermamfaat dan membantu kamu kamu yang sedang 

mencari cari skema rangkaian ini   karena dengan rangkaian ini kamu dapat membuat power suply/travo adjustable yang 

stabil dan power full. ahir kata sampai jumpa di postingan berikutnya ..wassalamm...

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form