SEPEDA LISTRIK RAKITAN

 Sepeda listrik rakitan sendiri ala blumbungan tehnik

iseng iseng pengen membuat sepeda listrik untuk muter muter keliling  sekitar pasar blumbungan atau jalan jalan santai menuju tempat wisata toron samalem yang kebetulan dekat dari rumah kurang lebih 300 meteran gitu, dengan adanya sepeda listrik rakitan ini lumayan buat pengiritan dana saat jalan di jarak dekat soalnya kendaraan listrik yang saya buat ini spesifikasinya tidak terlalu gede /dinamo yang dipakai hanya sekelas sepeda ontel dan kecepatannya pun sekelas sepeda gowes paling mentoknya antara 40-50 karena dinamonya memang kecil kapasitasnya 36v 350 watt.tanggung sih  maklum ini kan cuma iseng iseng saja awalnya, namun buat teman teman yang serius dan bener benar mau membangun sepeda listrik  rakitan saya sarankan belilah dinamo yang sekelas sepeda motor misalnya dinamo hub 1500 watt 60-72v dengan begitu sepeda yang teman teman bangun akan lebih sempurna fungsinya.

informasi kendaraan listrik lainnya  baca Mobil listrik tesla 

sepeda listrik rakitan sederhana


cara membuat sepeda listrik dari barang bekas

apa saja sih yang di butuhkan untuk membangun sepeda listrik rakitan dari barang bekas ? ada beberapa part yang harus kita siapkan sebelum merakit sepeda listrik di antaranya:

1. sepeda yang akan di bangun

sepeda bekas (saya sarankan gunakan bekas sepeda yang sudah tidak dipakai  karena dengan begitu  sepeda akan berfungsi kembali dan kerjaan kita akan semakin ringan) jika anda ingin membangun total dari awal mulai dari frame/rangka  sepeda,jok,cranks/engkol pedal dan lain sebagainya  dipersilahkan  tapi jika anda profesional namin jika anda pemula dan tidak banyak mengerti soal sepeda sebaiknya gunakan sepeda bekas saja  gak apa apa modelnya begitu begitu saja  hehehe.

 2. dinamo / motor penggerak

ada dua jenis motor yang bisa anda gunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan di lokasi anda

A.Hub motor   

jenis hub motor ini adalah dimana motor penggerak /dinamonya terpasang di bagian tengah roda /tromol roda baik itu di roda depan maupun di roda belakang,rangkaian motor jenis ini biasanya pilihan paling murah namun tenaganya paling kecil,biasanya yang beredar dipasaran berkapasitas antara 250watt - 1500watt,yang bisa di beli di toko toko online  di indonesia seperti bukalapak,shoope,tokopedia,lazada dan yang lainnya. Tips merakit sepeda listrik sendiri KLIK DISINI

B. Mid-Drive Motor

jenis dinamo ini biasanya berada di bagian tengah sepeda posisinya  mirip seperti yang ada pada sepeda motor  bagian mesin ,jikan anda menggunakan jenis ini di butuhkan rantai sebagai penghubung daei motor listrik ke roda bagian belakang ,keuntungan menggunakan jenis ini kita bisa mainin  di bagian gigi/gear pada roda belakang untuk menyesuaikan dengan kondisi jalan di daerah kita ,jika kondisinya banyak tanjakan disini kita bisa mainin gear tersebut tehniknya sama dengan sepeda gowes pada umumnya, jenis ini kita bisa dapat kecepatan dan torsi lebih baik dan bisa libas berbagai kondisi jalan.kapasitas yang beredar dipasaran antara 250waat-10.000watt harap di sesuaikan dengan rangka sepeda itu sendiri tentunya untuk menjaga keseimbangan.khusus sepeda ontel sebaiknya gunakan yang kecil kecil sasja misalnya 250watt-500watt saja .

2. Baterai

baterai pada sepeda listrik ada banyak jenisnya ada lead acid yang bentuknya seperti aki /accu sepeda motor ,lithium,ion sejenis baterai laptop(18650),LTO,liffo4 dan lain sebagainya. untuk sepeda rakitan sendiri ssaya sarankan gunakan baterai lithium ion ,liffo4 atau LTO .keuntungannya baterai tidak seberat lead acid/accu /aki  jadi beban sepeda lebih enteng ,gunakan baterai laptop 18650 lalu di rangkai /di pack sesuai kebutuhan ..merangkai baterai laptop bisa anda baca DISINI.

3. Controler motor

controler ini adalah konponen interface untuk mengatur kelistrikan yang berfungsi untuk mengatur kecepatan motor sesuai dengan frequensi yang ada pada perangkat lainnya seperti handle gas ,rem dll.controller banyak sekali jenis dan kapasitasnya.jadi sesuaikan dengan kapasitas motor listrik yang digunakan misalnya motor listrik yang di pakai 36v 350 watt ,controllernya juga pakai 36v 350watt begiotu kira kira. 

4. Throttle

orang awam lebih mengenal perangkat ini sebagai handel gas /peda gas yang fungssinya sama dengan gas sepeda motor yaitu untuk mengatur kecepatan sepeda,ada beberapa model throttle ada yang model handel gas biasa ada juga yang model handel  tuas jempol.

dari ke 4 komponen di atas adalah komponen utama yang harus di persiapkan mispun ada perlengkapan perlengkapan lainnya untuk melengkapinya namun dengan 4komponen diatas sepeda listrik rakitan kita sudah dapat dibagun dan bisa kita jalankan contohnya sepeda listrik rakitan saya yang sangat sederhana dan semuanya menggunakan komponen yang mudah di temukan dipasaran seperti handel gas dan controller ,baterai bekas laptop .semuanya saya beli online .

 

sepeda listrik dari barang bekas

pada gambar di atas adalah sepeda bekas yang saya beli di rongsokan  kemudian saya ganti rodanya menggunakan roda hub motor yang saya beli juga di rongsokan dalam keadaan mati total ketika saya otak atik ahirnya bisa menyala lalu saya beli controllernya  di toko online .harap di perhatikan jika membeli controller  harus di sesuaikan dengan type motor yang anda gunakan ya.. type motor yang saya pakai ini adalah Brushless motor  karena ada type lain pada motor listrik yaitu type Brushed motor (type ini menggunakan brush / sikat arang mirip seperti dinamo stater pada sepeda motor) dan controller untuk type brushed berbeda dengan controller motor type Brushless. perbedaan antara brushless dengan brushed motor bisa anda  baca di  Brushless vs Brushed motor 

Penggunaan Baterai . pada sepeda listrik rakitan di atas saya menggunakan baterai bekas laptop yang sudah saya pack menjadi 36v 7amper. baterainya saya beli di toko online ,beli baterai bekas laptop yang sudah mati ,dulu saya beli dengan harga 15rb per baterai laptop isi 6cell. jadi saya beli sebanyak 80 biji  lalu saya bongkar dan saya pilih cell yang masih bisa di gunakan yaaa dalam membeli barang rusak untung untungan gitu deh. kadang dalam  satu baterai cuma satu cell yang mati dan dan 5cell lainnya masih bisa di gunakan dan kadang pula dalam 1 baterai laptop yang saya beli cuma 1cell yang masih bisa di gunakan dan 5cell lainnya rusak,mati,bocor/shot. jadi untung untungan .

Handel gas saya juga beli di toko online  jadi pada sepeda listrik rakitan saya ini yang beli baru  ada 2 komponen yaitu controller dan handel gas .yang lainnya beli bekas /dari rongsokan .dan sepeda listrik ini saya buat di tahun 2017 dan masih saya p[akai sampai sekarang di tahun 2021  .dan pernah juga saya pada pada sepeda listrik roda empat  kebetulan saya pernah membuat yang roda empat  anda bisa lihat  DISINI  namun hanya sebentar saja disebabkan roda empat yang saya bikin terlalu jelek hehehe maklum barhan bahannya saya kumpulkan dari besi tua  jadi  semuanya saya bikin manual  seperti stering yang seharusnya pakai strering bekas mobil saya bikin sendiri gitu jadi lama kelamaan bermasalah dibagian itu. dan itu membuat saya bosan lalu saya putuskan untuk di bongkar lagi dan jual lagi ke rongsokan besi tua hehehe..




jadi seperti itulah pengalaman saya saat membuat sepeda listrik rakitan yang saya bangun dengan dana yang pas pasan bahkan bisa di bilang dananya minim banget .jadi saran dari saya jika teman teman ingin membanguan sepeda listrik  sebaiknya siapkan dananya dulu  dan belilah komponen komponen yang baru yang sesuai dengan keinginan masing masing agar hasilnya memuaskan .dan saya saat ini lagi menyisihkan dana /menabung rencananya saya akan ubah sepeda motor tua saya akan saya konversi ke motor listrik namun saya rencanakan fungsinya tidak jauh berbeda dengan sepeda motor pada umumnya.speednya dan torsi akan saya usahakan sama dengan motor bensin  dan tentunya ini akan membutuhkan dana yang memadai.jadi saya tidak terlalu buru buru dalam hal ini. kalau sudah saatnya terjadi nanti saya akan posting kembali di blog ini..doakan saja semoga dananya cepat saya dapatkan hehehe... oke mungkin sampai disini saja bahasan tentang sepeda listrik rakitan ini semoga bisa menjadi sebuah inspirasi atau perbandingan buat teman teman yang ingin membanguan sepeda listrik sendiri..oke sobat bloger blumbungan..semoga kita bisa jumpa lagi di postingan berikutnya... sampai jumpa ...wassalam.....  

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

Post a Comment

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

Previous Post Next Post

Contact Form