Gerinda tangan mati total ?? simak solusi berikut

Angle grinder  kata orang bule  berfungsi untuk mesin pemotong besi,kayu pvc dan lain lain .
gerinda tangan ini banyak ditemui di bengkel bengkel maupun di pertukangan  karena gerinda  sebagai alat paling dibutuhkan di dunia tehnisi maupun pertukangan bangunan sebagai pendukung  untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan .

gerinda yang mati total ada beberapa faktor penyebabnya dan masalahnya kita bisa cek satu persatu mulai dari bagian luar  ssampai bagian dalam mesin tersebut.
kerusakan yang umum yang sering saya temui sebagai berikut:
tutorial menggulung ulang dinamo gerinda tangan yang mati total dengan mudah dan cepat

  • carbon brush/sikat arang  habis
  • saklar on/of  rusak 
  • angker/rotor shot atau terbakar
  • bearing/klaher  pecah atau macet
  • spull stator kebakar
kita bisa cek bagian bagian penting di atas  untuk memperbaiki  gerinda dan motor motor speed/RPM  tinggi lainnya..
gunakan multi tester untuk mengecek bagian bagian  komponen di atas  jika tidak terlihat kerusakan nya secara fisik.
seperti angker/rotor dinamo  kalau rusak biasanya masih terlihat bagus bagian luarnya  padahal di dalamnya sudah shot/kongslet..
kerusakan yang paling sering terjadi  ada pada bagian angker ini faktor penyebabnya banyak ragamnya. bisa karena  carbon brush / sikat arang yang digunakan imitasi  /berkwalitas jelek  sehingga membuat angker  cepat panas  dan mengeluarkan api saat dipakai.
bisa juga di sebabkan karena bearing  sudah aus dan angker bergesekan dengan stator  ini juga membuat angker cepat panas dan umurnya tidak akan bertahan lama.
ada banyak faktor faktor di bagian ini  cara pemakain juga sangat berpengaruh dibagian ini misalkan terlalu di tekan saat memotong  hal ini juga berakibat  mesin cepat panas dan  bearing cepat aus.

jika kerusakan ada pada angker/rotor nya  tinggal dignti saja  banyak toko toko yang menyediakannya  kita tinggal beli saja. kecuali angker yang sudah langka  seperti merk merk terkenal kayak bosch,makita,dll.
kalau di daerah pelosok sudah jarang toko toko yang menjual nya .karena harga yang mahal dan lakunya lama sehingga toko toko kecil  tidak berani menyediakannya .
jadi angker terpaksa di lilit ulang  jika di toko di daerah kita tidak menjual yang kita butuhkan,


Baca  juga  memodifikasi pompa air standart menjadi alkon elektrik
                  spul kipas angin apa bisa di perbaiki ?ini jawabanya


tutorial menggulung ulang dinamo gerinda tangan yang mati total dengan mudah dan cepat
 untuk bagian spull stator yang terbakar  bisa langsung di lilit ulang saja karena tidak sesulit melilit angker.
sebenarnya spull stator jarang rusak sih.. kecuali angker sudah shot dipaksa terus dipakai bisa saja spull stator nya ikut terbakar.

untuk lebih jelasnya memperbaiki gerinda tangan yang mati total  di rekomendasikan  untuk menonton video nya sampai selesai  mulai dari pembongkaran sampai pemasangan .silahkan lihat videonya dibawah ini atau kunjungi channel blog ini .
untuk kemajuan blog dan channel  silahkan dukung channel dengan cara klik tombol SUBCRIBE pada video   atau  tombol subcribe yang ada di blog ini bagian bawah berwarna merah berlogo youtube.

terimakasih sebelum nya atas dukungannya sobat ..sekiranya sampai disini dulu pembahasan cara memperbaiki gerinda mati total  ini. semoga bermamfaat salam sukses dari saya ..sampai jumpa di postingan berikutnya.

dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

2 Comments

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

  1. pak mau tanya kalau estimasi umur armature gerinda tangan itu berapa lama ya..untuk pemakaian rutin/intens.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tau pasti gan..karena barang elektronik itu tergantung si pemakainya.. punya saya maktec pemakaian wajar dah 5yahun masih oke oke saja cuma saklarnya saja yang pernah di ganti

      Delete
Previous Post Next Post

Contact Form