Tips Setelah Menghapus SubDomain

Setelah hapus sub domain apa yang harus dilakukan ?

Setelah menhapus sub domain di blog kita  yang harus dilakukan  agar traffic blog tidak anjlok dan artikel;/postingan yang sudah terindex di mesin pencari masih langsung mengarah pada blog kita yang telah di hapus subdomainnya.
Seperti contoh  pengalaman pribadi blog saya ini  www.blumbungan.site  itu sub domain  yang saya pakai di blog ini  selama 2bulan kurang lebih domain tersebut saya beli  seharga 14ribu rupiah  Baca  Domain 14rb murah meriah  di artikel sebelumny

Alasan saya mencopot sub domain ini dari blog 

 karena Authority domain kurang cocok dengan yang diharapkan intinya tidak cocok lah biar tidak panjang panjang hehehe..

Setelah saya hapus domain itu dari blog ini  traffic langsung anjlok dan konten yang muncul di search google menjadi error dan tidak dapat di buka  dan sama sekali artikel blog ini tidak satupun yang mengarah ke blog ini karena   URL yang ada di mesin pencari  masih terindex dengan  subdomain  . dan saya tidak melakukan  Redirect dari sub domain ke URL blogspot .jadi selama 1hari  kunjungan ke blog ini 0 .

Nah maka dari itu  buat sobat yang  domainnya  hampir expired dan tidak mau di perpanjang lagi domainnya  lakukan Redirect  dari domain lama ke domain/URL blog yang baru agar yang saya alami tidak juga di alami sobat bloger blumbungan....

Oke ikuti langkah langkah berikut 

  Cara  meredirect  domain lama ke domain baru untuk blogspot.


1. yang perlu di perhatikan  Domain lama sobat masih dalam ke adaan aktif / belum expired  .artinya sobat masih bisa login ke tempa sobat beli domainnya. dalam hal ini saya berikan contoh  menggunakan domainesia. karena saya beli domain blog ini di domainesia dot com.

2. setelah sobat hapus domain dari bl;og sobat dan URL nya kembali menggunakan blogspot.
sobat langsung Redirect  domain lama ke URL blogspot yang sekarang .dalam hal ini saya menggunakan cara  manual  /menggunakan scrip .

3.  sobat login ke blogger.com  dengan akun sobat dan buat blog baru. dalam hal ini sobat tidak perlu membuat artikel atau apapun karena blog baru ini hanya akan di gunakan sebagai terminal /lalul lintas artikel dari domain lama ke url blogspot yang akan di Redirect.

Contoh:  domain lama saya www.blumbungan.site . URL sekarang https://abdussyukkur.blogspot.com

dalam hal ini saya menggunakan blog baru yang saya jadikan lalu lintas artikel yang terindex di google  blog baru saya saya kasih nama Raja Iklan (sebenarnya ini blog yang sudah lama saya hapus  dan dibangkitkan kembali untuk digunakan sebagai terminal redirect)  buat blog baru juga boleh

4.setelah membuat blog baru  sobat tidak perlu otak atik  biarkan saja apa adanya . yang perlu sobat lakukan  hanya menambah subdomain lama ke blog baru sobat.

meredirect url blog lama ke url blog baru agar traffic blog tidak turun setelah menghapus domain dari blogspot


masuk ke stting dan masukkan sub domain  dan copy kode yang saya lingkari di atas
untuk yang lainnya tidak perlu karena sama dengan yang sudah ada  di Record Cname /Dsn sebelumnya . karena sama sama menggunakan host blogger ..yang berbeda hanya yang di berikan lingkaran diatas  karena setiap blog berbeda IDnya.

5.  setelah di copy kode yang di lingkari di atas . sobat login ke cpanel tempat sobat beli domain. dalam hal ini saya kasih contoh dimana saya beli domain yaitu domainesia

meredirect url blog lama ke url blog baru agar traffic blog tidak turun setelah menghapus domain dari blogspot

setelah masuk ke cpanel  sobat pilih domain sobat dan masuk ke Adon  lulu pilih DSN manager
setelah masuk ke halaman DSN manager  sobat edit  Cname  dari blog lama dan masukkan  Cname record  blog baru yang tadi sobat copy di blogger

meredirect url blog lama ke url blog baru agar traffic blog tidak turun setelah menghapus domain dari blogspot

silahkan sobat cari letak Cname record blog lama dan masukkan kode blog baru  /paste yang tadi di copy  tersebut .sobat juga  bisa  ganti Cname record yang lama ke yang baru semuanya .jika sobat mau . langkah ini untuk menferifikasi domain yang tadi di masukkan di blog baru sobat.

6.  oke setelah domain telah diferifikasi dan blog baru sobat sudah menggunakan  subdomain langkah terahir  yang harus dilakukan adalah memasng script di blog baru tersebut.

masuk ke menu tema di blog baru sobat lalu masuk ke Edit HTML.
copy paste kode script berikut di bawah <head>

  <script type='text/javascript'> var d='<data:blog.url/>'; d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, ''); location.href = 'https://abdussyukkur.blogspot.com' + window.location.pathname; </script>



Note: silahkan ganti yang berwarna merah dengan URL blog sobat. yang di hapus domainnya di atas. (blog yang diredirect )


dengan begitu  artikel blog sobat yang ke index dengan domain lama akan otomatis  mengarah ke URL blog sobat yang tercantum didalam script.
contoh :   https://www.blumbungan.site/2019/03/4langkah-isi-saldo-google-ads-dengan.html

                https://abdussyukkur.blogspot.com/2019/03/4langkah-isi-saldo-google-ads-dengan.html

Note kesimpulan:

 url postingan yang warna biru harus sama ya. (biasanya secara otomatis sama dri bloggernya )


dengan melakukan hal di atas traffic blog sobat tidak akan begitu terpengaruh miskipun sudah berganti  domain/alamat url postingan sobat yang muncul di hasil pencarian google atau web browser lainnya.
untuk mengetes nya sobat ketikkan  domain lama sobat di pencarian google  kalau yang terbuka blogspot sobat  berarti pekerjaan sobat sukses... lakukan tes juga pada beberapa artikel yang muncul di pencarian .

dan jangan lupa untuk memferifikasi ulang blog sobat ke webmaster  google dan bing.

selamat mencoba  semoga bermamfaat.. artikel lainnya di blog ini

cara aktifkan sotware mengembalikan data yang hilang EaseUS versi trial +serial key
cara cepat menambah subcriber channel baru yotube dengan android
cara bongkar panel monitor lcd dell yang bercak hitam

oke sampai disini dulu jumpa kita dan sampai berjumpa di postingan berikutnya... terimakasih dah berkunjung di blog ini.  tinggalkan komentar jika ada yang ingin di bahas lebih lanjut.. byeeee


dus blb

saya orang biasa biasa saja yang suka belajar dan berbagi tentang apa yang saya alami

2 Comments

KOMENTAR KAMU AKAN MUNCUL SETELAH SAYA SETUJUI ==mohon jangan spam ya bosku... oh ya jika saya lambat merespon komentar silahkan ke channel saya karena saya aktif selalu di youtube

  1. Wah, kena jebakan betmen mas. Domain .site memang murah belinya, lagi banyak promo, tapi ternyata kalo perpanjang mahal :)

    Btw sangat bermanfaat sekali informasinya. Kalau pindah domain memang harus banyak yang diperhatikan, jangan sampai trafik dan ranking yang kita bangun pakai domain lama hilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih gan atas kunjungannya... domain saya masih aktif 7bulan lagi tapi tidak saya pakai . betul juga kata agan perpanjangan mahal dan domain saya kurang bersaing di pencarian google hehehe

      Delete
Previous Post Next Post

Contact Form